Siaran Keliling mengenai Kegiatan BIAN, Suara Toa Meriahkan Program BIAN! – Mahasiswa KKN Tematik Kota Surakarta Lakukan Siaran Keliling Mengenai BIAN

Mahasiswi KKN melakukan siaran keliling terkait program BIAN di wilayah binaan Puskesmas Pajang

(Pajang, Laweyan, Surakarta) Pada tanggal 19 Agustus 2022 dan 25 Agustus 2022, warga Kelurahan Pajang dikejutkan oleh suara toa yang tiba-tiba berkumandang di depan rumah warga. Setelah ditelusuri ternyata suara toa tersebut berasal dari mahasiswa KKN Tematik Kota Surakarta Universitas Diponegoro yang sedang menjalankan program siaran keliling mengenai kegiatan BIAN yang sedang berlangsung di Posyandu. Program siaran keliling ini menjadi salah satu inovasi yang dapat dilakukan demi menyukseskan program Bulan Imunisasi Anak Nasional di wilayah binaan Puskesmas Pajang.

Mahasiswa KKN Tematk Undip didampingi petugas Puskesmas Pajang dan perwakilan kader sedang mengingatkan warga untuk mengimunisasikan anaknya

Kegiatan ini bertujuan untuk memberitahu warga bahwa terdapat kegiatan imunisasi yang sedang berlangsung di Posyandu terdekat. Selain itu, dalam siaran keliling ini juga disampaikan informasi terkait BIAN yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat yang belum mendapatkan informasi tentang BIAN dari social media, para kader posyandu, maupun dari puskesmas. Siaran keliling sendiri digunakan sebagai media yang paling cepat untuk menyampaikan informasi secara real time kepada warga yang memiliki balita yang menjadi sasaran dari Program BIAN sehingga diharapkan target cakupan imunisasi dapat tercapai.

Mobil ambulance Puskesmas Pajang yang digunakan untuk siaran keliling Mahasiswa KKN Tematik Undip

Dengan mengendarai mobil ambulance, mahasiswa KKN Tematik Kota Surakarta dan pegawai Puskesmas Pajang serta para Kader Posyandu bergerak dari posyandu Mawar 14 menuju sejumlah lokasi yang disarankan olrh para kader yang dianggap strategis. Selain menggunakan ambulance, kegiatan siaran keliling di posyandu Kemuning 12 dilaksanakan dengan berjalan kaki memutari wilayah kerja Posyandu Kemuning 12.

Penulis: Gabrielle Avita

Lokasi: Kota Surakarta