TRABAS CAHAYA PENGAPON SETIAP HARI, MAHASISWI KKN TEMATIK UNDIP SUKSESKAN BIAN DENGAN CUSTOMER SATISFACTION

KOTA SEMARANG (02/09/2022) – Puskesmas Karangdoro merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang terletak di Jalan Raden Patah No. 178, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, Puskesmas Karangdoro berkontribusi dalam memfasilitatori kegiatan imunisasi dengan mendatangi posyandu di setiap RW di wilayah kerja puskesmas, diantaranya meliputi Kelurahan Rejomulyo, Kelurahan Kemijen, dan Kelurahan Mlatibaru selama bulan Agustus 2022.

20220904-152633
Gambar 1. Penulisan lembar saran oleh Kader Posyandu Kelurahan Kemijen

Dalam keberjalanannya, Winanda Galih Monikasari, mahasiswi KKN Tematik Undip Tim 3 Kota Semarang, yang turut serta mensukseskan program BIAN tersebut melihat bahwa terdapat beberapa kendala sehingga perlu adanya perbaikan untuk program BIAN selanjutnya. Menindaklanjuti hal tersebut, Winanda menginisiasikan adanya sistem pengaduan customer satisfaction dengan sasaran para ibu kader posyandu dan para ibu yang mengimunisasikan balita mereka di posyandu maupun di puskesmas. Bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat untuk berkesempatan memberikan saran, keluhan, dan bentuk ketidakpuasan lainnya sebagai bahan evaluasi guna perbaikan di masa mendatang (continuous improvement) pada program imunisasi BIAN.

Salah seorang kader posyandu di Kelurahan Kemijen menuturkan bahwa masih terdapat beberapa masyarakatnya yang tidak mau mengimunisasikan balita mereka karena beberapa alasan. Sehingga berbagai upaya pun sudah dilakukan, tetapi tidak kunjung dapat membuahkan hasil. Harapannya dengan saran- saran yang dituliskan di lembar saran ini dan diteruskan ke pihak Puskesmas Karangdoro dan dapat memberikan solusi terbaik terhadap permasalahan- permasalahan yang terjadi terkait dengan imunisasi.

2-Pic-Winanda
Gambar 2. Penyerahan Kotak Saran ke Pihak Puskesmas Karangdoro

Sistem pengaduan customer satisfaction yang dibuat berbasis konvensional dan moderen yaitu dengan penyediaan kotak saran dan google formulir. Sehingga, para ibu yang mengimunisasikan balita mereka di puskesmas dapat memberikan saran mereka dengan menuliskannya langsung di lembar saran dan memasukkannya di kotak saran atau juga dapat melalui link google form maupun scan barcode yang ditautkan dalam poster maupun sticker pada kotak saran. Pihak Puskesmas Karangdoro menerima dan merespon positif dengan adanya penyediaan kotak saran tersebut dan menyampaikan bahwa kotak saran tersebut akan sangat bermanfaat. Harapannya dengan adanya program ini dan saran- saran yang terkumpul dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan program imunisasi di Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di masa mendatang, khususnya di Puskesmas Karangdoro dan cakupan wilayah kerja Puskesmas Karangdoro Semarang.

Penulis             : Winanda Galih Monikasari, Mahasiswa Program Studi S. Tr Manajemen dan Administrasi Logistik, KKN Tematik TIM 3 Kota Semarang 2022, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

DPL 1: Dr. dr. Sri Winarni, M.Kes.

DPL 2: Ir. Gentur Handoyo, M.Si.