Hadir dengan Kemasan Baru! Tim KKN Tematik Kelurahan Beji Melakukan Pembaruan Desain Kemasan untuk Seluruh Produk Jamu UMKM Puspitasari Putri
Pemalang (14/7/2022) – Desain menjadi hal yang sangat penting di dalam nilai eksentrik dari suatu produk. Pada pengertiannya, desain kemasan produk adalah sebuah usaha kreatif untuk membuat sebuah wadah atau kemasan dari suatu produk. Desain kemasan yang dibuat ini mengacu pada produk itu sendiri, mulai dari pemilihan warna hingga pemilihan elemen-elemen grafis yang akan memaksimalkan daya tarik produk.
Desain kemasan produk ini menjadi media komunikasi dan informasi pertama kepada konsumen, sehingga produk tentu harus memiliki desain kemasan yang baik agar pesan dan nilai serta fungsi kegunaan produk dapat segera dipahami oleh konsumen.
Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN Tematik Kelurahan Beji kali ini mengangkat program kerja pembaruan desain kemasan menjadi lebih eksentrik dengan warma dasar menyesuaikan warna asal rempah dari setiap produk jamu UMKM Puspitasari Putri. Pembaruan kemasan ini dilakukan dengan tujuan agar jamu dapat memiliki kemasan yang lebih eyecatching untuk ke seluruhan varian produk jamu, baik varian minuman segeran atau fresh drink, varian sirup, dan varian serbuk sari.
Kemasan produk yang telah diperbarui dan memiliki tampilan yang lebih eyecatching ini diharapkan dapat membuat pangsa pasar jamu menjadi lebih besar dengan menarik minat pembeli dengan pembaruan kemasan yang dilakukan.
Penulis : Safina Yusni Amelia, Mahasiswa S-1 Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, KKN Tematik Universitas Diponegoro 2021/2022
Dosen Pembimbing : Ir.R.T.D. Wisnu Broto, M.T.