GEDUNG PKD SUDAH TIDAK LAYAK! MAHASISWA KKN-T UNDIP MEMBERIKAN REKOMENDASI DESIGN PKD(POLIKLINIK KESEHATAN DESA) DESA PUCANG DAN BALAI WARGA GUNA EFEKTIFITAS PELAKSANAAN IMUNISASI KEJAR DAN BIAN DI DESA PUCANG

Banjarnegara(23/08/2022) Kegiatan Imunisasi BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) di desa Pucang,Kec.Bawang, Kab.Banjarnegara berlangsung kurang efektif dan efisien yang mengakibatkan presentase hasil capain masih kurang optimal.

Berkaitan dengan pelaksanaan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional), Desa Pucang memiliki target sasaran 433 anak dari usia 9 bulan sampai 59 bulan dan diselenggarakan di 9 posyandu dimana berlokasi di rumah tinggal (Kader) di setiap posyandunya.target untuk capaian  BIAN dari pemerintah yaitu 100% maka puskesmas Bawang 1 membuat jadwal pelaksaannya untuk desa pucang selama 4 hari  dan dikarenakan target yg besar dan pelaksaanna yang berpindah pindah dalam waktu yang singkat sehingga pelaksanaannya kurang efektif dan efisien sehingga target sasaran yang di capai kurang maksimal 

Ditambah lagi Masyarakat Desa Pucang, Kecamatan, belum memiliki fasilitas balai warga yang dimana merupakan sebuah tempat untuk berkumpul dan digunakan bersama sebuah kegiatan. Selama ini untuk melaksanakan kegiatan bersama, warga meminjam tempat di Gedung pengajian atau TK di sekitar karena tempat tersebut memiliki ruang yang cukup untuk dipakai kegiatan warga. 

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut diantaranya dari program ruang yang kurang sesuai standar dan kebutuhan semestiny PKD. PKD lama hanya memiliki 1 ruangan sedangkan kebutuhan gedung PKD untuk saat  ini memiliki ruang pemeriksaan/tindakan, ruang obat, ruang administrasi dan kamar mandi.

Melihat dari kondisi tersebut, untuk mensukseskan Program KEJAR dan BIAN serta imunisasi- imunisasi lainnya, mahasiswa KKN-T UNDIP berinisiatif untuk mendesain ulang PKD (Poliklinik Kesehatan Desa) harapannya dapat di gunakan untuk setiap kegiatan posyandu serta program-prpgram kesehatan lainnya yang ada di desa dan sesuai dari kebutuhan dari bidan desa pucang itu sendiri. Dalam proses perancangan desain, mahasiswa melakukan konsultasi dengan Kepala Desa,Desa Pucang dan Bidan Pembina Desa Pucang. Hasil akhir dari proses gambar desain tersebut dipresentasikan kepada Bidan Pembina dan Kepala Desa yang dilaksanakan pada hari selasa 23 agustus 2022 dan bertempat di kantor kepala desa Pucang.

Penulis : Avista WIhda Maula Pasca 

Program Studi : Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur/Sekolah Vokasi

Dosen Pembimbing Lapangan : Amni Zarkasy Rahman.,SAP.,M.Si dan Dr.Drs.Syamsulhuda BM.,M.Kes. 

Lokasi : Desa Pucang,Kecamatan Bawang,Kabupaten Banjarnegara

#KKNTematikUNDIPXUNICEF #p2kknundip #lppmundip #undip