Mudah Dipahami, Mahasiswa KKN Tematik Undip Membantu UMKM Puspitasari Putri dalam Melakukan Proses Pembukuan

Pemalang (31/7/2022) – Salah satu permasalahan UMKM yang ada di Indonesia yaitu mengenai keuangan dari UMKM tersebut. Banyak UMKM yang tidak memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usahanya sehingga tidak dapat ditentukan berapa besar keuntungan yang didapat  oleh UMKM tersebut. Sejak berdirinya UMKM Puspitasari Putri juga belum pernah melakukan pembukuan yang menyebabkan pemasukan dan pengeluaran tidak jelas. Oleh karena itu, Tim KKN Tematik Undip merancang suatu program yaitu mengajarkan pemilik UMKM untuk mulai melakukan pencatatan dan pembukuan secara sederhana.

Whats-App-Image-2022-09-06-at-21-51-08

Mahasiswa KKN Tematik Undip mengajarkan pembukuan ini langsung kepada pemilik UMKM Puspitasari karena tidak adanya karyawan di UMKM tersebut. Pembukuan sederhana yang dijelaskan yaitu proses pencatatan kas keluar, pencatatan kas masuk, pencatatan persediaan, dan pembuatan laporan laba rugi. Pengaplikasian program ini dilakukan untuk periode juli dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan yang ada di UMKM Puspitasari Putri dan berakhir dengan laporan laba rugi. Pencatatan persediaan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa jumlah produk-produk jamu yang ada dan berapa jumlah bahan baku yang masih tersisa dan belum digunakan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini UMKM Puspitasri dapat merasakan manfaat pembukuan yaitu mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian dalam periode tertentu. Mengetahui setiap transaksi yang dilakukan oleh UMKM Puspitasari, dengan mengetahui transaksi apa saja yang ada maka akan diketahui alur dari uang tersebut, untuk apa uang tersebut digunakan dan siapa yang menggunakan uang tersebut. Selain itu yang paling penting yaitu hasil dari pembukuan di periode sebelumnya dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh pemilik UMKM Puspitasari.

Penulis : Tenia Nur Cahyati, Mahasiswa S-1 Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, KKN Tematik Universitas Diponegoro 2022, Desa Beji, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang.
Dosen Pembimbing: Ir. RTD Wisnu Broto, M.T.