Pengenalan Aplikasi Krealogi pada UMKM Puspitasari Putri sebagai Awal untuk Proses Digitalisasi pembukuan

Whats-App-Image-2022-09-06-at-21-48-46

Pemalang (07/08/2022) – Saat ini proses digitalisasi sangat diperlukan bagi UMKM agar semua proses yang ada menjadi efisien dan meningkatkan daya saing dari UMKM tersebut. Digitalisasi bukan hanya dibutuhkan dalam pemasaran dan penjualan saja tetapi proses pembukuan juga perlu. Krealogi merupakan aplikasi digitalisasi pembukan yang digunakan oleh Tim KKN Tematik undip  untuk memperkenalkan Digitalisasi Pembukuan kepada UMKM Puspitasri Putri.

Whats-App-Image-2022-09-06-at-21-48-46-1

Proses pengenalan dan pembelajaran penggunaan aplikasi ini dilakukan dari minggu pertama sampai minggu keempat. Beragam fitur yang ada di aplikasi krealogi diharapkan dapat membantu proses usaha dari UMKM Puspitasari Putri. Pengenalan awal aplikasi oleh tim kkn tematik dengan menjelaskan mengenai fitur-fitur yang ada seperti  pencatatan bahan baku, pencatatan pesanan, perencanaan produksi, hingga laporan usaha. Setelah penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di aplikasi krealogi ini Tim kkn tematik mendemokan penggunaan aplikasi krealogi. Fitur pertama yang di demokan yaitu mengenai gudang, Tim KKN Tematik Undip membantu UMKM Puspitasari dalam menginput produk-produk yang tersedia kedalam aplikasi krealogi.

Diharapkan dengan adanya pengenalan dan mendemokan penggunaan aplikasi krealogi ini dapat membantu UMKM Puspitasri putri dalam proses pencatatan dan pembukuan secara digital. Selain itu, dengan digitalisasi pembukuan ini maka biaya yang dikeluarkan untuk melakukan proses pembukuan dapat berkurang dan menghemat waktu karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Penulis : Tenia Nur Cahyati, Mahasiswa S-1 Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, KKN Tematik Universitas Diponegoro 2022, Desa Beji, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang.
Dosen Pembimbing: Ir. RTD Wisnu Broto, M.T.