Manfaatkan Kemajuan Teknologi, Mahasiswa Pengabdian TIM IDBU Bantu Pemasaran Online Produk UMKM di Desa Sambongrejo
Sambongrejo-Tunjungan (21/8/2022), era digitalisasi kini sudah memasuki segala aspek salah satunya yaitu sistem pemasaran. Kemudahan untuk memasarkan produk tanpa harus membuka/menyewa kios merupakan salah satu keuntungan dari pasar online
Namun, di Desa Sambongrejo beberapa UMKM contohnya yaitu UMKM Cheese Stick “Dua Sayap” dan UMKM Gethuk Frozen belum memanfaatkan penjualan online untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu produk mereka hanya terjual di sekitar Blora saja
Melihat hal tersebut, Mahasiswa Tim IDBU (Iptek Bagi Desa Binaan Undip) dibawah bimbingan Dr.dr. Sri Winarni, M.Kes melakukan sosialisasi dan pendampingan pembuatan akun pada platform Instagram dan Shopee
Pendampingan dilakukan dengan membantu registrasi akun penjualan serta penjelasan mengenai item serta ketentuan penjualan pada Shopee. Selain itu pembuatan akun pada Instagram dapat dijadikan sebagai media promosi yang cepat dan murah, karena dapat mengurangi biaya cetak pamflet/brosur
Harapan dari kegiatan ini yaitu penjualan produk dapat lebih luas jangkauannya yang berdampak pada semakin tinggi skala produksi.