Serunya Eksperimen Kimia “Pesan Rahasia”! Mahasiswa KKN Tematik Undip Membentuk Sarana Interaktif Siswa Berbasis Edukasi Ilmu Kimia
Rowosari, Semarang (26/10/2022) – Kimia/chemistry merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan alam (sains) yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kimia dapat ditemui dalam bentuk reaksi dari suatu fenomena seperti fermentasi, makanan membusuk, korosi pada logam, proses pembakaran, dan juga dari sebuah eksperimen sederhana. Eksperimen kimia sederhana dapat dijangkau oleh kalangan anak-anak dan dapat menjadi sarana interaksi yang edukatif, dimana sarana tersebut diperlukan anak-anak di tengah era digital yang membuat mereka lebih sering bermain gadget atau gawai. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dalam acara Internet Aman untuk Anak di Jakarta, 6 Februari 2018, mengungkapkan, penggunaan internet oleh individu di Indonesia sebanyak 65,34% berusia 9-19 tahun. Umumnya anak-anak menggunakan internet untuk mengakses media sosial maupun bermain game online. Pasalnya, penggunaan gadget oleh anak-anak masih terbilang kurang bijak, sebab tak sedikit dari mereka yang justru kecanduan maupun ketergantungan akibat tidak membatasi durasi penggunaan gadget.
Fenomena penggunaan gadget berlebih pada anak salah satunya ditemui di lingkungan SDN Rowosari 2. Berdasarkan hasil survei dan kunjungan dengan Kepala Sekolah SDN Rowosari 2, banyak siswa-siswi yang menghabiskan waktu cukup banyak diluar jam sekolah dengan bermain game online maupun bermedia sosial. Dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari kelebihan bermain gadget di antaranya mempengaruhi kemampuan interaksi siswa yang dapat membuatnya menjadi pribadi yang tertutup, gangguan tidur, menurunnya konsentrasi, dan lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik Undip 2022 Kelurahan Rowosari, mengadakan program edukasi eksperimen kimia sederhana “Pesan Rahasia” kepada siswa kelas 6 SDN Rowosari 2.
Program eksperimen kimia sederhana “Pesan Rahasia” dilakukan dengan menulis menggunakan cotton bud yang dibasahi air jeruk nipis dan diaplikasikan ke dalam kertas putih lalu didekatkan panas lilin untuk memunculkan tulisannya. Kegiatan diawali dengan praktek eksperimen sebagai contoh, selanjutnya diikuti oleh siswa kelas 6. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait ilmu kimia yang dikemas dalam bentuk eksperimen sederhana. Selain edukasi tentang ilmu kimia sederhana, program ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana interaksi anak-anak dengan membuat permainan melalui eksperimen sederhana ini, sebagai salah satu pengalihan dari aktivitas bermain gadget. Program ini berlangsung dengan baik, yang dapat dilihat dari minat siswa sepanjang kegiatan berlangsung. Semua siswa diberikan kesempatan untuk mencoba eksperimen ini. Selain itu, siswa kelas 6 juga antusias dengan poster yang dibagikan tentang eksperimen kimia sederhana lainnya yang dapat dicoba dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait eksperimen tersebut.
Kelancaran program ini tidak lepas dari dukungan bapak kepala sekolah, bapak dan ibu guru SDN Rowosari 2 yang membantu dalam hal perizinan, konsultasi pelaksanaan program, dan mengkondisikan jadwal pelaksanaan program dengan siswa kelas 6. Dengan terlaksananya program ini, diharapkan dapat mendorong minat siswa untuk mencoba hal baru yang edukatif dan interaktif, guna membatasi penggunaan gadget.
Penulis: Vidiana Fatimatuz Zahroh/Kimia
Dosen Pembimbing Lapangan: Prof. Dr. Widowati, S.Si. M.Si.
Lokasi: Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang
KKN Tematik Undip 2022