Mahasiswa KKN-T Undip Kembangkan Aplikasi Android untuk Pencatatan Keuangan Kelompok Tani di Desa Gempol, Klaten

Desa Gempol (19/11/2022) adalah salah satu Desa di Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten yang sebagian besar lahannya adalah sektor pertanian dan penduduknya mayoritas bekerja sebagai petani. Petani di Desa Gempol memiliki kelompok-kelompok Tani yang mewadahi pengelolaan hasil panen mereka. Salah satu kelompok tani di sana, yaitu Kelompok Tani Dewi Ratih II melakukan pencatatan keuangan dengan menggunakan buku. Hal ini mengandung beberapa resiko seperti potensi rusak, hilang, ataupun tercecer sehingga pencatatan keuangan kurang terstruktur dan optimal.

Foto bersama upacara penerimaan mahasiswa KKN

Melalui program digitisasi buku keuangan, resiko tersebut dapat dihilangkan dengan memindahkan pencatatan keuangan ke bentuk digital. Hal ini diwujudkan dengan membuat sebuah aplikasi android dengan penyimpanan cloud sehingga dapat diakses kapanpun selama ada jaringan internet dan juga aplikasi tersebut. Aplikasi yang dikembangkan memiliki desain yang sederhana dan mudah digunakan sehingga tidak perlu mempelajari aplikasi tersebut dalam waktu yang lama untuk menggunakannya.

Tampilan aplikasi yang dikembangkan

Setelah dikembangkan, Bendahara dari Kelompok Tani Dewi Ratih II diberi demonstrasi bagaimana penggunaan aplikasi tersebut. Selain itu, file pemasangan aplikasi juga diserahkan kepada beliau sehingga bisa dipasang di perangkat-perangkat yang membutuhkan.

Demonstrasi Penggunaan Aplikasi
Penyerahan file pemasangan aplikasi ke Bendahara Kelompok Tani Dewi Ratih II

Digitisasi buku keuangan dengan pengembangan aplikasi Android ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan pencatatan keuangan di Kelompok Tani Dewi Ratih II. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mempermudah proses pencatatan dalam proses bisnis dari Kelompok Tani Dewi Ratih II.

Penulis: Muhammad Riziq Yahya, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

DPL: Dr. Sunarno S.Si., M.Si.