Tanamkan CTPS Sejak Dini, Mahasiswa KKN Undip Berikan Sosialisasi Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun kepada Siswa Kelas 1 SD Negeri Teluk Awur

Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun kepada Siswa Kelas 1 SDN Teluk Awur, Kamis (17/11/2022)
Sumber: Dokumen Pribadi

Teluk Awur, Jepara (21/11/2022) – Mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi yang dilakukan dengan cara membersihkan tangan serta jari jemari menggunakan air dan sabun agar menjadi bersih. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya paparan penyakit. Meskipun terbilang sederhana, masih banyak individu yang lebih sering mencuci tangan tanpa menggunakan sabun. Padahal kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dapat membantu menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya yang menempel pada permukaan tangan.

Sosialisasi terkait CTPS dibutuhkan agar lebih banyak individu yang paham akan pentingnya kegiatan tersebut. Kegiatan sederhana mencuci tangan pakai sabun perlu diterapkan sejak dini agar dapat tertanam menjadi kebiasaan hingga dewasa. Oleh karena itu, Ashila Pragnyaputri, salah satu Mahasiswa Kelompok 1 KKN Tematik Jepara Undip 2022 memberikan sosialisasi terkait pentingnya CTPS kepada Siswa Kelas 1 SDN Teluk Awur untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya cuci tangan menggunakan sabun.

Penempelan Poster Cuci Tangan Pakai Sabun di Lingkungan Sekolah SDN Teluk Awur, Kamis (17/11/2022)
Sumber: Dokumen Pribadi

Kegiatan sosialisasi dilakukan kepada Siswa Kelas 1 SDN Teluk Awur pada Hari Kamis, 17 November 2022. Sosialisasi berjalan kurang lebih selama satu jam yang didalamnya terbagi atas beberapa sesi. Diawali dengan sesi tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para siswa terkait CTPS. Dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait manfaat CTPS, waktu penting CTPS, dan enam langkah CTPS. Pemberian materi dilakukan dengan bantuan poster CTPS serta lagu tentang langkah cuci tangan pakai sabun agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa. Terakhir, dilakukan permainan untuk mereview dan melihat pemahaman siswa terkait materi yang sudah diberikan.

Selama kegiatan sosialisasi, para siswa terlihat sangat antusias dimana mereka selalu aktif menjawab pertanyaan yang diberikan. Selain itu, kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah. “Selama itu merupakan kegiatan positif, kami dari pihak guru pasti setuju,” ujar Wali Kelas kelas 1 SDN Teluk Awur. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menerapkan perilaku cuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis                        : Ashila Pragnyaputri (Kesehatan Masyarakat / Fakultas Kesehatan Masyarakat)

Dosen Pembimbing  : Kurniawan Teguh Martono, S. T, M. T

Lokasi                          : SD Negeri Teluk Awur, Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara

#p2kkn #KKNTJepara2022 #lp2kknundip #lppmundip #undip