Spectaculer! Mahasiswi Undip KKN Tematik Jepara 2022, Bantu Terciptanya Ruang Sekolah Aman dan Nyaman Dengan Melakukan Pendataan Inventaris serta Kondisi Inventaris di SMP Ma’arif Tegal Sambi.

Penyerahan Daftar Inventaris Kelas Kepada Kepala Sekolah SMP Ma’Arif TegalSambi,Hidayat Abdullah.S,Ag.
(Sabtu,26/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Spectaculer! Mahasiswa Undip KKN Tematik Jepara 2022, Bantu Terciptanya Ruang Sekolah Aman dan Nyaman Dengan Melakukan Pendataan Inventaris serta Kondisi Inventaris di SMP Ma’arif Tegal Sambi.

Jepara (26/11/21). Pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pendidikan juga merupakan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Oleh karena itu urgensi peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia secara berkelanjutan dijadikan salah satu kebijakan peningkatan mutu pendidikan.

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan proses yang integral dengan proses peningkatan sumber daya manusia. Ketersediaan sarana dan prasarana penting sekali serta syarat mutlak dalam strategi belajar, karena tersedianya sarana dan prasarana akan mendorong guru untuk memanfaatkannya. Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia adalah upaya pendidikan dan kesehatan, dan upaya ini paling tepat dilakukan melalui institusi pendidikan.

Laporan Data Inventaris SMP Ma’arif Tegalsambi Jepara
Sumber : Dokumen Pribadi.

Ada hubungan yang signifikan antara sarana dan prasarana usaha sekolah dengan perilaku hidup sehat siswa. Ruang belajar menjadi tempat untuk menuntut ilmu dan diharapkan dapat memberikan rasa nyaman disaat  sedang terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar. Pencatatan kondisi inventaris secara rutin dan teratur merupakan salah satu upaya  dalam menciptakan ruang aman dan nyaman bagi citivas akademik,sembari diiringi dengan perilaku hidup sehat peserta didik yang teratur juga,Jadi dengan adanya program pencatatan  sarana prasarana atau kondisi aset ini secara berkala dapat meningkatan kebiasaan perilaku hidup sehat.

Program Pendataan Inventaris serta Kondisi Inventaris ini dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa KKN Undip berlokasi di SMP Ma’arif  Tegal sambi Jepara. Kegiataan pendataan inventaris serta kondisi inventaris belum diterapkan sebelumnya di SMP Tegal Sambi, maka dari itu salah satu mahasiswa KKN Tematik Jepara membantu dalam proses pembuatan daftar inventaris serta kondisi inventaris dengan persetujuan dari pihak sekolah SMP Tegal Sambi.

Diharapkan dengan adanya Program Pendataan Inventaris serta Kondisi Inventaris ini dapat menciptakan ruang hidup sehat,aman dan nyaman. Harapannya dapat dilakukan pencatatan ini secara berkala dan berkelanjutan agar mengetahui setiap kerusakan yang ada atau mencatat setiap perkembangan Inventaris yang ada ataupun yang baru.

Penyerahan Daftar Inventaris Kelas Kepada Kepala Sekolah SMP Ma’Arif TegalSambi,Hidayat Abdullah.S,Ag.
(Sabtu,26/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Penulis : Mikha Aprilita Sembiring (Sekolah Vokasi/Akuntansi Perpajakan)
Dosen Pembimbing : Dr. dr. Sri Winarni, M. Kes.
Lokasi : SMP Ma’arif Tegalsambi, Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara

P2KKN #KKNTJepara2022 #LP2KKNUndip #LPPMUndip #Undip