Pencerdasan Pemilihan Proppeler pada Kapal Produksi CV Laksana Abadi.

Karang Asem Utara, Batang, 9/10/2022. Proppeler adalah bagian terpenting dalam dunia perkapalan, tentunya dikarenakan propeller adalah alat penggerak kapal yang berfungsi untuk menghasilkan gaya dorong yang bersumber dari mesin yang ditransmisikan melalui poros. Sederhananya propeller memiliki fungsi untuk mengubah tenaga mesin mennjadi dorongan sesuai dengan kombinasi RPM dan juga kecepatan.

Propeller sendiri memiliki berbagai macam jenis diantaranya adalah :
1. Fixed pitch propeller
2. Controllable pitch propeller
3. Integrated propeller and rudder
4. Azimuth propeller
5. Electrical pods
6. Tunnel thrusters
7. Water jets
8. Voith scneider propeller

3

Namun sangat disayangkan kapal ikan produksi CV. Laksana Abadi masih memiliki kendala di dalam pemilihan propeller kapal produksi mereka yang mementingkan system tradisi. Pemilihan propeller tidak melalui perhitungan yang tepat dan dalam aturan dunia perkapalan, padahal perhitungan dan dasar pemilihan propeller dalam kapal sangatlah penting untuk menjaga umur mesin agar lebih awet dan juga meningkatkan efisiensi kinerja mesin.

Oleh sebab itu, Mahasiswa KKN-Tematik Batang Universitas Diponegoro 2022 melakukan program kerja tentang “Pencerdasan Pemilihan Proppeler pada Kapal Produksi CV Laksana Abadi” guna memberikan referensi dan berbagai macam pencerdasan mengenai dasar pemilihan dari propeller untuk kapal produksi CV. Laksana Abadi.

4

Harapannya setelah dilaksanakan proker mono disiplin ini mengenai “Pencerdasan Pemilihan Propeller pada Kapal Produksi CV Laksana Abadi”. CV. Laksana Abadi dapat menjadikan referensi dalam pemilihan propeller bagi kapal ikan produksi CV. Laksana Abadi dan juga dapat memberikan berbagai macam variasi propeller kepada konsumen, serta dapat melakukan perhitungan yang tepat guna mengefisiensikan kinerja mesin dan juga memperpanjang umur mesin produksi CV. Laksana Abadi nantinya.

Penulis : Alfiy Alfatarizqi
Lokasi : Kelurahan Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang
DPL : Ari Wibawa Budi Santosa, S.T, M.Si dan Ocid Mursid, S.T, M.T