Banyu Mili: Aplikasi Pencatatan Meteran Air Buatan Mahasiswa KKN Tematik Undip Untuk Membantu Warga RW 8 Kelurahan Tembalang
Di era zaman yang semakin maju, perkembangan teknologi masa kini semakin dimanfaatkan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari dan pekerjaan di berbagai bidang. RW 08 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah mempunyai sistem air bersih bersama. Dimana RW 08 tidak menggunakan PDAM dalam pengaliran air bersih terhadap masyarakatnya, melainkan menggunakan sumber air yang ada di RW 08 dan dikelola oleh pihak perangkat setempat. Sistem pengelolaan air ini memerlukan pencatatan meteran debit air dan tagihan iuran air yang harus dibayarkan warga secara rutin per bulannya. Selama ini, perangkat setempat masih menggunakan rekapitulasi data menggunakan Microsoft Excell, namun kadang terkendala data yang sulit diporses karena terdapat beberapa kendala. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem penagihan dan pencatatan penggunaan meteran air yang bisa dilakukan secara online secara rutin setiap bulannya.
Universitas Diponegoro (Undip) melalui P2KKN menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Lingkar Kampus Utama Undip (KKNT Lingkar) pada tanggal 24 Oktober — 5 Desember 2022, kegiatan ini berada di sekitaran wilayah Undip, kecamatan Tembalang, Semarang. Sebanyak 10 kelompok yang ditugaskan pada kegiatan KKN ini. Melalui tema besar Teknologi Komunikasi Audiovisual yang dibawa oleh kelompok IV dengan dosen KKN Bapak Satriyo Adhy S.Si., M.T. Salah satu monodisiplin atau program individu Kelompok IV adalah “Banyu Mili: Aplikasi Pencatatan Meteran Air”
Banyu Mili merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang bertujuan untuk memudahkan pengurus dan masyarakat melakukan proses transaksi tagihan air bersih pada RW 08. Aplikasi ini berisikan informasi mengenai tagihan air bersih setiap rumah yang dibuat oleh pengurus RW. Banyu Mili dapat juga memudahkan pengurus RW untuk melakukan rekap data pemakaian air setiap bulannya.
Aplikasi ini nantinya dapat di akses secara langsung melalui browser, untuk masyarakat RW 08 hanya diperlukan untuk melakukan login pada website kemudian masyarakat akan ditampilkan informasi berupa tagihan yang dimilikinya dan tagihan – tagihan yang sudah dibayar pada bulan – bulan sebelumnya. Hal yang sama dapat dilakukan juga bagi pengurus RW 08, hanya diperlukan login pada website kemudian dapat menggunakan beberapa fitur yang dimiliki aplikasi, yaitu melakukan manajemen tagihan masyarakat RW 08 dan juga merekap data tagihan berdasarkan bulan.
Pembuatan Banyu Mili dilakukan dengan harapan dapat memudahkan proses penagihan iuran air setiap bulannya dan juga dapat membantu untuk melakukan rekap data jika dibutuhkan.
Penulis: Amezry Azmi Hanif Shidqi
Dosen KKN: Satriyo Adhy S.Si., M.T.