BYE-BYE LIMBAH TISSUE,WELCOME HAND DRYER!!! TIM KKN UNDIP MEMBUAT HAND DRYER PENGERING TANGAN DI GALANGAN BATANG UNTUK MEMPERMUDAH STAKEHOLDER MENGERINGKAN TANGAN SETELAH CUCI TANGAN

Batang (21/10/2022) – Setelah mencuci tangan dengan bersih sudah pastinya kita harus mengeringkan tangan setelah mencucinya untuk menghindari masih adanya kuman yang menempel di tangan. Salah satu pengering tangan yang ramah lingkungan yang dapat diterakpan yaitu hand dryer. Hand dryer merupakan suatu alat pengering tangan otomatis yang menggunakan sensor untuk penggunaannya.
Hand dryer banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan,rumah makan,tempat-tempat umum bahkan sudah banyak digunakan pada rumah, akan tetapi sayangnya di galangan kapal kayu batang pada CV Laksana Abadi di wilayah pantai sigandu belum menyediakan pengering tangan secara otomatis untuk stakeholder CV Laksana Abadi maupun pengunjungnya. Oleh karena mahasiswa KKN Tematik Undip Kabupaten Batang, melaksanakan pembuatan tempat pengering tangan secara otomatis yaitu Hand Dryer, mahasiswa KKN Tematik Undip Kabupaten Batang juga melaksanakan sosialisasi terkait pengering tangan otomatis hand dryer.
Pelaksanaan program ini dilakukan dengan menempatkan hand dryer di dekat wastafel yang ada di galangan kapal kayu CV Laksana Abadi wilayah sigandu kabupaten Batang. Dengan adanya hand dryer ini nantinya di dekat wastafel CV Laksana Abadi, diharapkan dapat membantu stakeholder khususnya pekerja lapangan maupun office galangan kapal kayu CV Laksana Abadi wilayah sigandu kabupaten Batang dapat mengeringkan tangannya setelah mencuci tangan tanpa harus menggunakan tissue yang menyebabkan sampah menumpuk nantinya.
Tak hanya itu, pengadaan hand dryer ini juga bertujuan untuk meningkatkan stakeholder galangan kapal kayu CV Laksana Abadi wilaya sigandu Kabupaten Batang maupun masyarakat sekitar untuk mengurangi penggunaan tissue dan mengurangi limbah, serta untuk menggunakan kecanggihan teknologi serta untuk membunuh kuman yang masih menempel di tangan.

Penulis : Vegi Wilia Fitri ( NIM : 21090119120024 ),S1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik,Universitas Diponegoro
DPL : Ocid Mursid,S.T.,M.T
Lokasi : CV. Laksana Abadi ( Pantai Sigandu ), Kelurahan Karangasem Utara,Kecamatan Batang,Kabupaten Batang