PEDULI KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT, MAHASISWA UNDIP GANDENG IBU-IBU PKK DESA BODEH PRAKTIKKAN EMPAT PILAR GIZI SEIMBANG

Kualitas kesehatan masyarakat merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan sumberdaya manusia. Di Indonesia,  kondisi kesehatan masyarakat belum seperti yang diharapkan, diantaranya,  masih ditemukannya beberapa kasus gizi buruk di masyarakat khusunya pada anak – anak.Walaupun secara kuantitas angka temuan gizi buruk tidak banyak, tetapi sangat mungkin ini adalah suatu fenomena puncak gunung es, yang merupakan representasi bahwa masalah sesungguhnya lebih besar dari temuan angka gizi buruk.

Atas dasar hal tersebut Mahasiswa KKN Undip Tim I / 2018  mencoba menanamkan pengetahuan dan ketrampilan untuk mempraktikkan empat pilar gizi seimbang dengan sasaran ibu-ibu PKK Desa Bodeh. Kegiatan telah dilaksanakan berlokasi di Ruang PKK Balai Desa Bodeh pada tanggal 10 Januari 2018. Sebagai salah satu pilar rumah tangga, seorang ibu memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga secara optimal, karena ibu mempersiapkan makanan di rumah. Dengan demikian, seorang ibu perlu diajarkan tentang  untuk mengenali dan memberi penanganan awal yang praktis dan cepat  terhadap kasus-kasus terkait kesehatan individu dan keluarga.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi perkenalan anggota KKN Tim 1 UNDIP yang selanjutnya diikuti dengan penyampaian materi mengenai Empat Pilar Gizi Seimbang yang masih belum banyak dikenal masyarakat. Empat Pilar Gizi Seimbang merupakan penyempurnaan pedoman lama seperi 4 Sehat 5 Sempurna yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan IPTEK. Empat Pilar tersebut adalah 1) mengonsumsi makanan beragam 2) membiasakan perilaku hidup bersih 3) melakukan aktivitas fisik 4) mempertahankan dan memantau berat badan ideal. Kegiatan ini diikuti dengan antuasias oleh ibu – ibu, terbukti dengan adanya feedback beberapa pertanyaan. Diharapkan kegiatan tersebut dapat dilanjutkan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat di Desa Bodeh khususnya kalangan ibu – ibu.