OPTIMALISASI POSYANDU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN DASAR MASYARAKAT DESA DUREN

commercial photography locationsPemberian materi kepada warga yang datang ke Posyandu

Sebagai salah satu upaya kesehatan masyarakat, Posyandu memiliki peranan penting dalam menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat, khususnya  bagi ibu hamil dan balita. Berdasarkan survei pendahuluan yang telah dilaksanakan, salah satu permasalahan kesehatan yang ada pada Desa Duren adalah kurang optimalnya pelaksanaan Posyandu. Beberapa kondisi yang menyebabkan kurang optimalnya pelaksanaan Posyandu antara lain minimalnya jumlah kader posyandu, kurangnya pengetahuan kader dan warga mengenai kesehatan, dan rendahnya partisipasi warga untuk mengikuti kegiatan Posyandu.

Kurang optimalnya pelaksanaan Posyandu tersebut mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan lain, seperti banyaknya balita yang tidak menerima ASI Ekslusif, tidak tepatnya pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) pada balita, dan ditemukannya balita gizi kurang. Oleh karena itu, perwakilan KKN TIM I UNDIP Desa Duren, Kecamatan Sumowono dari Fakultas Kedokteran menjalankan salah satu rangkaian program pengoptimalan posyandu balita pada hari Selasa, 17 Januari 2018.

Rangkaian program tersebut diawali dengan pelaksanaan posyandu yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pentingnya pelaksanaan Posyandu, pentingnya ASI Eksklusif dan pemberian MP ASI yang tepat dan benar, cara pengelolaan gizi seimbang dan pemantauan status gizi balita. Warga tampak sangat antusias terhadap program kegiatan yang diadakan.

commercial photography locationsPemberian materi kepada kader posyandu

Sebelum pelaksanaan Posyandu, TIM KKN I UNDIP memberikan pembekalan kepada kader Posyandu mengenai pelaksanaan posyandu yang sesuai dengan standar Kemenkes RI yaitu pelaksanaan posyandu 5 meja, peran kader dalam posyandu, pelatihan pembacaan KMS dan edukasi mengenai gizi seimbang dibawah bimbingan Ibu Dewi Marfu’ah K. S.Gz, M.Gz, dosen Ilmu Gizi Undip. Program pengoptimalan posyandu ini nantinya juga akan dilanjutkan dengan agenda advokasi kepada perangkat desa untuk memberikan dukungan terhadap keberlangsungan posyandu dan peningkatan jumlah kader posyandu.