Pelatihan Pembuatan Produk Diversifikasi Hasil Perikanan dan Pelatihan Pengemasan Produk Desa Asinan

Asinan, Selasa 23 Januari 2018. Tim 1 Kuliah Kerja Nyata Undip Desa Asinan mengadakan Pelatihan Pembuatan Produk Diversifikasi Hasil Perikanan dan Pegemasan Produk. Pelatihan tersebut diselenggarakan di rumah Ketua Kelompok Usaha Putri Rawa Sejati atau ibu Harti yang terletak di dusun Sumurup desa Asinan. Acara tersebut dihadiri oleh ibu-ibu PKK dusun Sumurup desa Asinan.

Hal yang mendasari kegiatan pelatihan ini adalah karena potensi pengolahan hasil perikanan menjadi sebuah produk di Desa Asinan cukup besar namun sampai saat ini pengolahan hasil perikanan hanya sebatas penggorengan saja. Oleh karena itu dilakukan sebuah pelatihan  diversifikasi produk berupa Ajifurai Itoyori Tail On sebagai bentuk inovasi olahan yang diharapkan dapat meningkatakan perekonomian masyarakat desa Asinan.

Selain itu salah satu masalah yang cukup nyata dirasakan oleh pengolah produk hasil perikanan adalah sulitnya proses pemasaran produk serta minimnya kesadaran pengolah akan pentingnya pengemasan dan pengaruhnya terhadap kesehatan juga proses pemasaran. Oleh karena itu, tim KKN Undip juga memberikan pelatihan cara pengemasan produk yang baik dan benar serta labelling produk, sehingga diharapkan dapat memperluas pasar penjualan.

Pelatihan dibagi menjadi 2 tahap presentasi. Presentasi yang pertama adalah tentang pengolahan diversifikasi produk, dan yang kedua adalah pengemasan produk. Untuk pengolahan diversifikasi produk di presentasikan oleh Dosen dari jurusan THP fakultas FPIK, bapak Romadhon, S.Pi., M.Biotech. Pelatihan yang kedua dipresentasikan oleh mahasiswi Undip Departemen Teknologi Hasil Perikanan fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan bernama Ashfa Mahabbati. Pelatihan di selenggarakan dari pukul 16.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.15 WIB.