Baru Saja Ditemukan, Goa Peninggalan Jepang Ini Mendadak Menjadi Sorotan Warga Desa Surokonto Wetan

IMG20180124104850

Peninggalan bersejarah merupakan salah satu aset yang sangat berharga bagi kehidupan modern saat ini. Adanya benda-benda bersejarah membuktikan bahwa terdapat kehidupan masa lampau yang mengandung cerita-cerita perjuangan yang pastinya memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman hidup. Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya peninggalan bersejarah dari nenek moyang memberikan daya tarik sendiri bagi masyarakat, sehingga tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai destinasi wisata yang mendidik. Salah satu peninggalan bersejarah yang banyak dijumpai adalah goa, seperti yang ditemukan di surokonto wetan.
Goa yang ditemukan merupakan Goa peninggalan dari tentara Jepang pada tahun 1934 menurut kakek yang merupakan saksi hidup pembuatan Goa tersebut, Goa yang sekarang ditemukan di tengah tengah ladang perkebunan masyarakat desa ini dulu sebagai tempat untuk bersembunyi dan menyergap pasukan musuh jepang, goa ini terletak pada tikungan yang dimana posisinya sangat strategis untuk menyergap musuh. Didalam goa ini terdapat 2 cabang lorong, namun Goa ini sempat ditutup oleh pemilik ladang, dikarenakan pemilik ladang takut akan lobang goa ini di gunakan untuk hewan buas tinggal.
Pada tanggal 24 Januari 2018 pukul 08.00 wib, pihak Perangkat Desa beserta warga Desa melakukan pembukaan ulang Goa Jepang yang telah tertutup tanah ini dikarenakan Goa tersebut berpotensi sebagai tempat wisata dan untuk melestarikan peninggalan sejarah. Setelah dilakukan melakukan penggalian, ditemukan tulisan-tulisan yang terukir di dinding Goa. Goa ini memiliki panjang kurang lebih 600 cm dengan lebar 80 cm. Di dalam goa juga terdapat batu-batu yang terdapat rembesan air pada dnding goa tersebut. Proses penggalian dilkukan oleh pemuda desa dan mahasiswa kkn dari undip yang berjumlah 6 orang. Selama penggalian dilakukan dengan pengawasan oleh bapak kades beserta perangkat desanya.