Antusiasme IBU PKK perangi Masalah Kesehatan di Desa Karanggondang, Jepara.

kkn undip

Jepara, Sabtu, 20 Januari 2018 – Tim 1 KKN Undip Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara mengadakan serangkaian kegiatan pembinaan kesehatan Ibu PKK bertempat di Rumah Ketua RT 02 RW 02 Dukuh Gondang Desa Karanggondang. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang ibu PKK RW 2.Pembinaan kesehatan ini berfokus pada edukasi mengenai Demam Berdarah, HIV dan AIDS, serta Kanker Rahim dan Payudara. Pembinaan kesehatan dianggap perlu untuk meningkatkan kesadaran warga mengenai kesehatan. Bidan Desa Karanggondang menerangkan bahwa angka penderita Demam Berdarah masih  tinggi di Desa Karanggondang khususnya RW 2 walaupun tidak ada korban meninggal. Angka HIV AIDS dan kanker di Desa Karanggondang pun cukup tinggi. Tingginya angka permasalahan kesehatan ini menimbulkan kekhawatiran bagi Ibu PKK di Desa Karanggondang khususnya RW 2.

Kegiatan pembinaan ibu PKK ini dimulai pukul 14.00. Edukasi yang pertama disampaikan adalah mengenai HIV dan AIDS. Mahasiswa menyampaikan mengenai pemahaman HIV AIDS, faktor resiko, pencegahan, serta bahaya HIV AIDS. Edukasi ini penting bagi ibu untuk menjaga keluarga khususnya anak-anaknya agar terhindar dari HIV AIDS. Edukasi yang kedua adalah Demam Berdarah Dengue. Mahasiswa ,memberikan materi mengenai pengertian, penyebab munculnya DBD, serta pencegahan dengan metode 3M plus. Mahasiswa juga menambahkan, pencegahan dapat dilakukan dengan memberi bubuk abate pada bak. Oleh karena mahasiswa memberikan bubuk abate bagi ibu PKK. RW 2 adalah daerah penderita DBD paling tinggi di Desa Karanggondang sehingga Ibu PKK sangat antusias dalam diskusi pada sesi ini. Pemahaman mengenai DBD penting bagi Ibu PKK untuk meningkatka kesadaran Ibu PKK dalam PHBS. Kegiatan terakhir adalah pemberian edukasi mengenai kanker rahim dan kanker payudara. Mahasiswa menyampaikan pengertian mengenai kanker, faktor resiko, pencegahan serta gejala yang muncul. Mahasiswa juga mengajari mengenai Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Ibu PKK sangat antusias untuk mempraktekan SADARI ini. Hal ini adalah pengetahuan baru Ibu PKK. Pemahaman SADARi ini penting dipahami untuk Ibu PKK untuk mendeteksi secara dini munculnya kanker Payudara.

Kegiatan Pembinaan Ibu PKK ini diharapkan menjadi kegiatan yang mampu untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat sehingga dapat menurunkan angka masalah kesehatan di RW 2 Desa Karanggondang.

 

direview oleh Maharani P. Ratna

30 Januari 2018