Diskusi Kemaritiman dan Perkapalan bersama Pemuda Desa Jati, Plantungan, Kendal

Plantungan, Kendal, KKN UNDIP, Sabtu (20/01/18) – Bertempat di Madrasah Ibtidaiyah desa Jati telah dilaksanakan kegiatan diskusi remaja yang dihadiri oleh Ikatan Remaja Dluwak atau pemuda desa Jati serta para siswa-siswi MTs desa Jati.

Terdapat 2 materi yang disampaikan ke pemuda Desa Jati. Kegiatan tersebut merupakan program monodisiplin mahasiswa Tim I KKN Undip 2018 Plantungan. Terdapat 2 materi, yaitu tentang Diskusi Kemaritiman dan Perkapalan serta Strategi Pemasaran Keripik Produksi IRD

Tujuan dari kegiatan diskusi kemaritiman adalah membuka wawasan teman-teman remaja tentang dunia kemaritiman dan perkapalan. Karena dengan kondisi desa Jati yang berada di pegunungan, banyak yang belum mengetahui tentang isu kemaritiman terkini dan potensi bahari Indonesia. Selain itu belum ada juga pengetahuan tentang jenis kapal. Maka dari itu, tim I KKN Undip 2018 membagikan pengetahuan tentang dunia kemaritiman. Hal ini disambut baik oleh teman-teman remaja desa Jati, dibuktikan dengan beberapa pertanyaan diberikan dalam diskusi tersebut. Harapannya, hal tersebut bermanfaat sebagai awal dari rasa cinta pada bahari Indonesia yang dipelopori remaja-remaja Indonesia.

Selain itu, program strategi pemasaran memberikan pengetahuan adanya strategi pemasaran keripik yang diproduksi oleh IRD menjadi salah satu permasalahan pada IRD (Ikatan Remaja Dluwak) desa Jati. Sehingga perlu diadakan suatu program yang mengedukasi para karangtaruna desa Jati. Pada program tersebut menjelaskan mengenai tahap-tahap dalam melakukan pemasaran yang baik dan benar.

Pada pemberian materi tentang strategi pemasaran menjelaskan tentang berbagai macam cara pemasaran seperti, memasarkan produk melalui media sosial, mengenali target pasar, membagi sample, lalu menggunakan promosi. Pemateri juga memberikan beberapa contoh logo produk yang cocok pada produk kripik IRD (ikatan Remaja Dluwak) dan juga memberikan beberapa saran untuk produk yang akan diproduksi. Dengan adanya materi tersebut, diharapkan IRD (Ikatan Remaja Dluwak) dapat menjalankan strategi pemasaran yang sudah disampaikan.