Home » beranda » Booklet Menu Sehat untuk Tingkatkan Angka Kesembuhan TB di Kelurahan Beji

Booklet Menu Sehat untuk Tingkatkan Angka Kesembuhan TB di Kelurahan Beji

Di tahun 2018 Indonesia masih mengalami adanya double burden, dimana penyakit menular masih belum dapat hilang. Sedangkan prevalensi penyakit tidak menular secara perlahan menunjukkan peningkatan. Salah satu penyakit menular yang patut diwaspadai yaitu Tuberculosis (TB) Paru. Sebagaimana yang terjadi di wilayah Kelurahan Beji Kabupaten Pemalang, dimana angka TB Paru mencapai 40%.

Untuk menyembuhkan TB paru diperlukan kekonsistenan dalam meminum obat selama 6 bulan tanpa terputus. Obat yang dikonsumsi bernama OAT (Obat Anti TB). Namun tidak cukup dengan obat saja, konsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu mempercepat penyembuhan. Meskipun begitu pengetahuan masyarakat akan jenis makanan yang dibolehkan atau dilarang bagi penderita TB masih tergolong kurang.

Dilatarbelakangi hal diatas, mahasiswa KKN Tim 1 2018 Undip Kelurahan Beji memberikan menu harian yang dapat diterapkan bagi keluarga penderita TB. Menu yang disusun dalam bentuk booklet ini terdiri dari jenis makanan yang dianjurkan dan dilarang. Salah satu pantangan makanan yaitu buah yang dimakan beserta kulitnya.

Kepada keluarga penderita TB yang terdapat di salah satu RW pada Minggu (21/01), Lu’lu’atul Khodijah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat memaparkan isi booklet yang telah disusun. “Booklet ini sangat bermanfaat dalam mendukung penyembuhan pasien TB,” tutur salah satu ibu rumah tangga yang hadir.

 

Penjelasan penggunaan "Booklet Menu Sehat untuk TB"
Penjelasan penggunaan “Booklet Menu Sehat untuk TB”