Simulasi Pembukuan Bagi Usaha Mikro Warga Desa Pagergunung Kendal

Halo readers..

UKM MikroPada Minggu ke IV KKN Tim 1 Undip Desa Pagergunung Kecamatan Pagerruyung Kabupaten Kendal kali ini kami mengadakan program simulasi program pembukuan untuk usaha mikro kepada ibu-ibu warga Desa Pagergunung. Program ini kami adakan sebagai tindaklanjut atas permasalahan yang dialami warga setempat. Berdasarkan hasil survey yang kami dapatkan warga mengalami kesulitan dalam mengatur penghasilan yang mereka dapatkan, yang mana hal ini dialami oleh warga yang bekerja sebagai pekerja tambang, peladang maupun pemilik usaha kecil rumahan (wiraswasta). Akibat ketidakefisienan dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran tidak sedikit diantara mereka yang terlilit utang dan tentunya hal tersebut menghambat mereka dalam meningkatkan kemampuan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan.

Pada program ini kami berfokus pada warga yang berprofesi sebagai wiraswasta. Kami melihat bahwa profesi ini memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dalam pengaturan keuangan. Yang mana mereka dituntut lebih untuk dapat melakukan pembukuan yang terstruktur atas modal yang dikeluarkan guna menghasilkan keuntungan yang setimpal. Namun hal ini belum mampu diterapkan oleh para wiraswastawan di Desa Pagergunung, sehingga keuntungan yang mereka dapatkan kurang maksimal. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang hanya mendapat keuntungan sedikit yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sehingga usaha yang mereka miliki stagnan karena tidak memiliki tambahan modal untuk mengembangkan usaha.

Dalam simulasi pembukuan ini kami mendampingi warga dalam membuat beberapa pencatatan akuntansi yang dibutuhkan dalam mencatat aktifitas bisnis seperti, pencatatan pembelian persediaan maupun bahan baku, biaya-biaya yang diperlukan untuk melakukan kegiatan bisnis maupun produksi, dan mencatat pemasukan yang diterima dari kegiatan bisnis mereka. Dari pencatatan ini warga dapat menentukan harga pokok penjualan atas masing-masing produk secara akurat, melakukan efisiensi biaya-biaya yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis, mengetahui besaran keuntungan yang didapatkan serta dapat melakukan pengalokasian keuntungan untuk digunakan sebagai modal dalam mengembangkan kegiatan usaha mereka.

Pencatatan akuntansi sejatinya merupakan hal cukup sederhana dan mudah dilakukan, namun masih banyak pelakukan usaha yang belum mampu melakukannya, mereka memandang bahwa akuntansi merupakan hal yang kompleks dan memerlukan banyak waktu. Padahal apabila mereka mampu menguasai dan menjalankan kegiatan pencatatan ini secara rutin, akan banyak manfaat yang akan mereka peroleh, yang mana manfaat utamanya tentunya untuk memantau perkembangan usaha mereka. Cukup sekian dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca ya…. Sampai berjumpa kembali dilain kesempatan 🙂