Mari Bangkitkan Kembali Semangat Gotong Royong Warga Desa!

Semerak, Pati (2/2). Tim 1 KKN Undip Desa Semerak bersama warga setempat melakukan kerja bakti bersama untuk memperbaiki sistem drainase (saluran air) yang merusak jalan di sekitar desa Semerak. Hari Jumat setelah menjalankan sholat Jumat merupakan hari yang tepat untuk melaksanakan kerja bakti di lingkungan desa, karena warga Desa Semerak merupakan desa santri yang hanya mempunyai waktu libur bekerja pada Hari Jumat saja. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya warga yang hadir pada kegiatan yang jarang dilaksanakan tersebut.

Kegiatan kerja bakti dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB saat-saat di mana terik matahari menyengat di atas kepala. Dalam kegiatan kerja bakti yang dikoordinir oleh masing-masing ketua RT, mahasiswa KKN Undip mendapatkan banyak informasi yang berhubungan dengan masalah drainase dan masalah sulitnya koordinasi warga untuk melakukan kerja bakti.

Warga bergotong royong merapikan saluran air
Warga bergotong royong merapikan saluran air
Mengeluarkan kotoran yang menumpuk di saluran
Mengeluarkan kotoran yang menumpuk di saluran

“Kerja bakti memang sangat jarang dilaksanakan, biasanya satu tahun sekali, itu pun hanya pada waktu lebaran saja”, tutur salah satu warga yang mengikuti kerja bakti.

Padahal seharusnya, kegiatan kerja bakti dianjurkan dilakukan secara rutin oleh warga desa, karena terdapat masalah utama, yaitu drainase yang buruk yang memerlukan beberapa perbaikan. Bisa dibayangkan dengan drainase yang hanya dibersihkan ataupun ditata hanya dalam 1 kali setahun bisa membawa dampak yang buruk bagi lingkungan sekitar apalagi jika dalam keadaan hujan terus menerus.

 

Editor: Dewi Saraswati Sakariah