Home » beranda » Optimalisasi UMKM Krupuk Pangsit “Wawan Jaya” dalam Mengembangkan Perekonomian dan Jiwa Kewirausahaan di Desa Pladen

Optimalisasi UMKM Krupuk Pangsit “Wawan Jaya” dalam Mengembangkan Perekonomian dan Jiwa Kewirausahaan di Desa Pladen

(Reportase Minggu ke-2: Program Multidisiplin)

10124Tim II KKN Universitas Diponegoro dari desa Pladen melakukan program multidisplin yang bertempat di salah satu UMKM Desa Pladen yaitu Krupuk Pangsit “WAWAN JAYA” pada Kamis, (21/07). UMKM yang beralamat di Jalan Raya Pladen RT 03 RW 04 Dukuh Jawik, Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus milik ibu Sutriah yang memiliki omzet 500 ribu/hari dengan laba bersih 100 ribu/hari.

Usaha krupuk pangsit rumahan “WAWAN JAYA” memiliki 1 orang tenaga kerja  pembantu. UMKM yang dirintis oleh sepasang suami istri ini dapat menghabiskan 2 sak tepung terigu untuk memproduksi sekitar 500 kg adonan krupuk pangsit. Krupuk pangsit yang sudah jadi dijual per kilo dengan harga 20 ribu.

21 Juni 2016_8976

Bahan baku UMKM krupuk pangsit “WAWAN JAYA” adalah campuran tepung terigu, bawang, garam dan seledri tanpa bahan pengawet. Namun, produk yang dihasilkan dapat bertahan selama 2 minggu dalam kemasan plastik yang tertutup. Bahan baku didapat dari bahan-bahan lokal yang ada di desa pladen, namun cakupan wilayah pemasaran produk baru antar desa di kecamatan Jekulo dengan jenis pemasaran secara langsung, dimana hasil produksi krupuk pangsit disetorkan ke warung-warung atau pembeli datang ke rumah maupun agen yang langsung datang ke tempat produksi untuk mengambil produk dalam jumlah besar.

21 Juni 2016_1667

UMKM yang sudah berjalan selama 4 tahun ini masih memiliki banyak permasalahan yaitu jangkauan pemasaran yang masih local area, perizinan, permodalan, pengembangan produk dan pengembangan SDM. Bantuan optimalisasi dalam produksi bagi UMKM krupuk pangsit “WAWAN JAYA” oleh para mahasiswa KKN Universitas Diponegoro desa Pladen dimulai dari proses pemilihan bahan baku produksi yang diarahkan untuk memilih bahan baku yang baik dan bergizi, pengarahan dan pendampingan pengolahan dan pemasaran produk serta pengarahan dan pendampingan mengenai perizinan produk. Esensi dari program multidisiplin yang dilakukan oeh mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro desa Pladen ini adalah untuk mengoptimalisasi jalannya proses produksi pada UMKM krupuk pangsit “WAWAN JAYA” sebagai usaha yang mampu mengembangkan perekonomian dan jiwa kewirausahaan di desa Pladen.

10126