Pemanfaatan Bioreaktor sebagai Teknologi Tepat Guna untuk Meningkatkan Efisiensi Pengomposan Limbah Sekam Padi  

 

Karangasem, Sragen – Bioreaktor atau dikenal juga dengan nama fermentor adalah sebuah peralatan atau sistem yang mampu menyediakan sebuah lingkungan biologis yang dapat menunjang terjadinya reaksi biokimia dari bahan mentah menjadi bahan yang dikehendaki. Reaksi biokimia yang terjadi di dalam bioreaktor melibatkan organisme atau komponen biokimia aktif (enzim) yang berasal dari organisme tertentu, baik secara aerobik maupun anaerobik.

Pada 22 Februari 2016 Mahasiswa TIM Pengabdian Masyarakat Undip melaksanakan kegiatan pemanfaatan bioreaktor sebagai teknologi tepat guna untuk meningkatkan efisiensi pengomposan limbah sekam padi. Suatu kegiatan penerapan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas kompos dari limbah sekam padi untuk mendukung pertanian organik dilaksanakan di Desa Karangasem, Tanon, Sragen. Teknologi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penggunaan mesin pencacah bahan baku kompos dan bioreaktor. Pencacahan bahan baku kompos dengan menggunakan mesin pencacah bertujuan untuk menghasilkan sifat fisik kompos yang lebih halus. Sedangkan pemanfaatan bioreaktor bertujuan untuk mempercepat proses pembuatan kompos.

Kegiatan berlangsung di balai desa Karangasem dan diikuti oleh warga desa. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan antusiasme warga terhadap kegiatan ini sangt tinggi. Diharapkan dengan adanya penerapan teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi pengomposan limbah sekam padi.