Peningkatan Kreativitas Warga melalui Pembuatan Modul Instalasi Listrik Sederhana Seri Paralel

Pemahaman masyarakat tentang instalasi listrik yang aman merupakan hal penting. Hal ini bertujuan agar manusia terhindar dari bahaya dari pemasangan listrik yang salah. Karena jika pemasangan instalasi listrik salah maka bisa terjadi korsleting listring yang dapat menyebabkan Harta Benda, ataupun Jiwa melayang.

Berlatarbelakang masalah tersebut, TIM Pengabdian Masyarakat UNDIP memberikan pencerdasan terhadap masyarakat Desa Jlegong Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara tentang instalasi listrik yang aman sesuai PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) dengan membuat prototype instalasi listrik di papan.

Kegiatan ini dilaksanakan 13 Februari 2016 disela-sela pengajian bapak-bapak desa yang berlangsung di rumah pak joko. Diawali dengan perkenalan komponen listrik beserta fungsinya, kemudian aturan instalasi sesuai PUIL, dan juga bahaya yang bisa terjadi dan cara pencegahannya. Selain itu warga juga diajak untuk kampanye hemat listrik yang bertujuan untuk penggunaan energy listrik yang efisien dan memaksimalkan umur peralatan listrik. Contohnya dengan melakukan beberapa hal kecil seperti: mematikan lampu saat tidur dan tidakĀ  digunakan, mencabut steker (cop-copan) dari stop kontak,dan juga mematikan TV saat tidak ditonton. Harapannya dengan adanya pencerdasan ini masyarakat paham akan penggunaan listrik yang efisien serta pentingnya instalasi listrikĀ  yang aman.

Selain kegiatan itu warga juga mendapatakn modul tentang pemasangan listrik sederhana untuk rangkaian seri atau pararel yang sudah sesuai dengan standard PUIL. Nantinya warga desa sudah memiliki buku panduan yang standard dan mudah di pahami sehingga pemasangan listrik kedepanya bisa aman dan sesuai standard.