PIRAMIDA PENDUDUK SEBAGAI KONTROL PERTUMBUHAN PENDUDUK DESA LODAYA, RANDUDONGKAL

Randudongkal (9/8/2017) Kegiatan diawali dengan perizinan dan konsultasi mengenai program pengolahan data kependudukan dan pembuatan piramida penduduk di balai desa dengan bertemu beberapa perangkat desa yaitu Pak Kades, Pak Carik, Kadus dan Perangkat bagian administrasi di desa Lodaya.

Dilakukan konsultasi dengan perangkat yang menggurus tentang data kependudukan yaitu Pak Carik yang bertujuan untuk menanyakan tentang pengolahan data kependudukan di desa dan pengumpulan data kependudukan. Setelah bekonsultasi dilanjutkan dengan pencarian kader yang nantinya akan dilatih untuk pengolahan data kependudukan dan pembuatan piramida penduduk yaitu Ka-Sie Pemerintahan Desa Lodaya.

90

Setelah itu dilanjutkan dengan bertemu Ka-Sie Pemerintahan dan mengajarkan dasar dasar penggunaan Microsoft Excel yang berguna dalam pengolahan data kependudukan. Kemudian dilakukan pengumpulan data kependudukan desa yang berasal dari data desa dan data dari BPS bersama dengan Ka-Sie Pemerintahan.

Kemudian dilaksanakan pengolahan data kependudukan dan pembuatan piramida penduduk Desa Lodaya. Selama 3 hari itu kader diberikan modul dan dilatih untuk mengolah data kependudukan kemudian membuat piramida penduduk yang berguna dalam perencanaan pembangunan desa. Hasil piramida penduduk itu kemudian dicetak dan hasil pengolahan data dikumpulkan dalam bentuk soft file yang akan diserahkan ke Balai Desa,