Pelatihan Pemasaran dan Pengajaran Analisis STP (Segmentation Targeting Positioning) dan 4P (Product, Place, Price dan Promotion) untuk UMKM TAHU ALASDOWO
Pati, STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning sedangkan 4P adalah singkatan dari keempat unsur dalam marketing mix, yakni Product, Price, Place dan Promotion. STP dan 4P akan selalu muncul dalam marketing, apa pun konteksnya. UMKM Tahu Alasdowo merupakan salah satu UMKM di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. UMKM ini kurang begitu memahal STP dan 4P dalam marketing. Maka dari itu tim pengabdian masyarakat dari universitas Diponegoro melakukan pendampingan UMKM dengan mengajarkan Pemasaran dan Pengajaran Analisis STP (Segmentation Targeting Positioning) dan 4P (Product, Place, Price dan Promotion). Pemasaran memerlukan 3 langkah utama, yaitu :
- Segmentasi pasar ( Segmenting ), yaitu tindakan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda – beda yang mungkin membutuhkan produk – produk dan atau kombinasi pemasaran yang terpisah.
- Penentuan pasar sasaran ( Targeting ), Yaitu suatu tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki.
- Penempatan produk (Positioning), yaitu tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar sasar.
Kegiatan diikuti oleh para pelaku UMKM dengan antusias dan banyak sesi Tanya jawab. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta dapat memahami dan menganalis STP dan 4P sehingga dapat diterapakan dalam usaha yang dijalani.