Pemberdayaan Fungsi Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Kegiatan Belajar Siswa SDN 03 Ketanggungan

Kegiatan membaca sejak dini harus dilakukan untuk menambah ilmu pengetahuan seorang anak. Membaca merupakan suatu jendela ataupun pintu dimana kita akan mendapatkan segala ilmu dari apa yang kita baca. Membaca juga lebih menguntungkan dari segi masuknya seuatu ilmu dari pada mendengarkan.

Sarana dan prasarana seperti perpustakaan wajib dimiliki oleh sekolah baik itu di tingkat dasar, pertama, menengah maupun perkuliahan. Perpustakaan akan sangat membantu murid untuk mencari ilmu lebih dari sekedar mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru dalam kelas. Manajemen perpustakaan sekolah juga harus memadai agar perpustakaan sekolah dapat beroprasi dengan maskimal seperti manajemen pinjam meminjam buku perpustakaan, kelengkapan buku dan lain-lainya.

Tim Mahasiswa Undip pada tanggal 8 Agustus 2017 hari Selasa kemarin memberikan kartu perpustakaan dalam hal pinjam meminjam buku yang ada di perpustakaan serta melatih murid-murid bagaimana menggunakan kartu perpustakaan yang sudah mereka dapatkan. Kegiatan ini dilakukan di SDN 03 Ketanggungan Kecamatan Dukuhturi kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian Masyarakat untuk pengabdian ilmu mereka yang di terapkan di lingkungan masyarakat. Kemudian Satu persatu murid diberi kartu perpustakaan dan mereka sangat senang dan guru merekapun juga sudah tidak lagi kawatir dalam menjaga ketersediaan buku dan pengembalian buku yang di pinjam murid-murid karena nantinya proses pinjam meminjam dan pengembalian buku perpustakaan akan berjalan sesuai prosedur.

Editor : Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid