Peningkatan Literasi Informasi Dan Pemahaman Pentingnya Pendidikan

Motivation Class merupakan suatu kegiatan yang ditujukan kepada siswa-siswi SD Kupu kelas dua dan enam dengan memberikan edukasi dan motivasi agar siswa-siswi SD Kupu  termotivasi untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan cita-cita yang lebih tinggi guna pengembangan diri siswa dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2017 di ruangan kelas dua SD Kupu  dan pada tanggal 24 Agustus 2017 di ruangan kelas enam SD Kupu .

Kegiatan ini diawali dengan menanyakan cita-cita siswa, dan menanyakan bagaimana caranya agar dapat meraih cita-citanya. Motivation Class dilakukan dengan cara memaparkan materi mengenai pentingnya mengenyam pendidikan setinggi-tingginya dan menampilkan video motivasi meraih impian (video yang menceritakan tentang perjuangan seorang siswi SMA yang setelah lulus SMA berjuang untuk meraih cita-citanya menjadi taruni Akpol). Setelah memaparkan materi dan menampilkan video dilanjutkan dengan membahas nilai value yang ada pada video tersebut untuk ditanamkan pada murid SD Kupu , selanjutnya murid dikelas diminta untuk menuliskan cita-citanya pada kertas yang berbentuk bintang dan menempelkannya pada pohon cita-cita yang sudah tersedia.

169

Siswa-siswi SD Kupu  sangat antusias saat mengikuti kegiatan ini, mereka termotivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi agar dapat meraih cita-cita yang diinginkan. Penyebab tingginya angka putus sekolah di desa Kupu  disebabkan karena tidak ada biaya untuk menempuh pendidikan dan kurangnya motivasi atau keinginan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Harapan setelah mengikuti kegiatan ini agar siswa-siswi SD Kupu  termotivasi atau terpacu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi agar dapat meraih cita-citanya.

Editor : Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid