Pembaharuan Peta tata Guna Lahan Desa Gunungbatu

Pemalang – Jumat (28/7) mahasiswa Undip Desa Gunungbatu dari jurusan Teknik Geodesi sebagai pelaksana program yaitu Merpati Dewo berinisiatif memperbarui peta desa yang sudah ada dengan peta desa bebasis tata guna lahan.

“Tujuan di buatnya peta tata guna lahan yaitu supaya dapat dijadikan pertimbangan penggunaan lahan desa yang meliputi pembagian wilayah dengan fungsi-fungsi tertentu. Misalnya fungsi pemukiman, persawahan dan sebagainya. Sasaran dalam pembuatan peta tata guna lahan adalah kepada kepala desa dan perangkat desa,” terang Dewo.

Pembuatan peta tata guna lahan di mulai dengan perizinan ke Kepala Desa Gunungbatu dan setiap kepala dusun desa Gunungbatu yang terdiri dari 5 dusun. Kemudian dilakukan survei dan pengumpulan data di setiap dusun Sawit, Lowa, Rejosari, Congol, Geneng. Setelah di lakukan survei dan pengumpulan data kemudian dilakukan pengolahaan data dengan menggunakan Laptop, Software ArcGIS, Global Mapper, GPS, Citra landsat. Setelah itu dilakukan pengolahan  dan verifikasi data setelah itu dilakukan asistensi dan persetujuan kepala desa setelah dilakukan plotter hasil pembuatan peta

Sikap kooperatif setiap kepala dusun memudahkan untuk lebih mengetahui informasi tentang kondisi wilayah di setiap dusunnya, memudahkan untuk pengambilan data. Sedangkan faktor penghambat masih banyak daerah yang belum ter update oleh citra landsat.

34

(Penyerahan peta tutupan lahan kepada kepala Desa Lowa)

Tanggapan perangkat desa sangat baik dengan di buatnya peta tutupan lahan untuk pembangunan dan penataan desa kedepanya lebih baik, penataan desa yang lebih rapih dan tertib akan terwujud dengan pembentukan rancangan desa yang dilakukan oleh pihak terkait dengan adanya peta tutupan lahan tersebut (Dewo/ZM).

Editor : dr. Aryu Candra, M.Kes.(Epid)