Home » Lokasi KKN » Kab. Jepara » Reportase Minggu 3 Desa Guyangan: MENUMBUHKAN RASA CINTA MENABUNG SEJAK USIA DINI

Reportase Minggu 3 Desa Guyangan: MENUMBUHKAN RASA CINTA MENABUNG SEJAK USIA DINI

Pendidikan karakter merupakan salah satu yang menjadi tonggak pendidikan pada era pemeritahan saat ini. Anak-anak tidak hanya dituntut untuk cakap dalam hal pelajaran eksak, tetapi harus memiliki perilaku yang mulia, santun dan teruji. Sehingga karakter tersebut harus diciptakan sejak mereka berusia dini, yaitu ketika masih berada di bangku sekolah dasar. Tak terkecuali SDN 3 Guyangan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Kegiatan pelatihan Belajar Menabung Sejak Dini adalah salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas Diponegero.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 30 Juli 2016 dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB bertempat di SDN 03 Guyangan. Pelatihan ini memang ditujukan bagi Anak-anak usia dini  Desa Guyangan yang teridiri dari gabungan kelas IV, V, dan VI dengan jumlah berkisar 60 anak, materi berfokus kepada materi tentang Belajar Menabung Sejak Dini. Pemateri kegiatan ini diisi oleh Muthia Wurini dari Akutansi.

Acara yang berlangsung selama 2 jam tersebut berlangsung interaktif karena banyak anak-anak yang antusias mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Anak-anak juga tidak merasa bosan karena ditengah-tengah acara ada sebuah hiburan yang dibawakan Kak Muthia dengan bernyanyi bersama menyanyikan lagu laskar pelangi. Salah satu peserta, Eksan mengungkapkan bahwa sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena dapat mengetahui cara menabung sendiri dirumah dan mencatat pembukuan dalam tabunganya. Karena dalam acara ini Kak Mutia Membagikan buku tabungan kepada peserta, agar mereka dapat berlatih menabung secara mandiri. Kak Mutia juga memberikan door prize pada anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan. Salah satu yang berhasil mendapat door prize  adalah Kevin, Kevin mengaku senang dengan materi yang dibawakan, sehingga dia mampu menangkap materi dan dapat menjawab pertanyaan.

Menurut Muthia yang mengisi materi pelatihan menjelaskan bahwa “kegiatan ini sangat perlu dilakukan, karena hal ini dapat melatih anak-anak untuk dapat hidup lebih hemat serta melatih tanggung jawab dan kemandirian” pungkasnya. Di akhir acara tersebut di tutup dengan foto bersama mahasiswa KKN dengan Anak-anak SDN 03 Guyang

 

an.DESA GUYANGAN KKN TIM 2 UNDIP 2016 DESA GUYANGAN KKN TIM 2 UNDIP 2016-