Home » Lokasi KKN » Kab. Kudus » Reportase Minggu Ke 3 Desa Bulungcangkring

Reportase Minggu Ke 3 Desa Bulungcangkring

Reportase Senin, 25 Juli 2016

Seminar Pemanfaatan Limbah Pertanian dan Peternakan untuk Pembuatan Biogas

Senin, 25 Juli 2016 Tim II KKN UNDIP Kecamatan Jekulo mengadakan seminar biogas dengan judul pemanfaatan limbah pertanian dan peternakan. Seminar ini dimoderatori oleh Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr, Sc. Phd dan pemateri Dr. Marry Christianto, S. Pt. M.P serta Cahya S. Pt. M.P. Seminar ini dilaksanakan di Aula Balai Desa Pladen dan dihadiri oleh perangkat kecamatan yang mewakili bapak camat Jekulo dan para perwakilan desa yang ada di Kecamatan Jekulo.

Kecamatan Jekulo merupakan salah satu daerah yang dapat dikatakan subur. Limbah dari tanaman padi berupa jerami banyak ditemukan di masing-masing desa. Jerami yang ada tidak dimanfaatkan sebagaimana semestinya,melainkan jerami yang ada hanya dibakar. Padahal jerami dapat digunakan sebagai salah satu pakan alternatif bagi ternak yang dapat diberikan secara langsung ataupun mendapat perlakuan berupa amoniasi, fermentasi, silase dan amofer (erpaduan amoniasidan fermentasi).

 

Reportase Rabu, 27 Juli 2016

Pendataan Siswa Kurang Mampu di Beberapa Sekolah Dasar Bulungcangkring

Rabu, 27 Juli 2016 Tim KKN UNDIP mengawali hari dengan mengunjungi beberapa Sekolah Dasar yang ada di Desa Bulungcangkring. Kunjungan tersebut dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara anggota tim kkn undip dengan guru ataupun siswa yang ada. Selain itu, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk mendata jumlah siswa yang kondisi ekonominya kurang bagus. Pendataan tersebut selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam pemberian bantuan yang dilakukan pada hari berikutnya.

Hasil pendataan menunjukkan bahwa jumlah siswa yang keadaan ekonominya kurang baik pada beberapa Sekolah Dasar di Desa Bulungcangkring relatif banyak, sehingga dalam proses pendataan siswa yatim piatu lebih diutamakan untuk mendapatkan bantuan. Proses pendataan tersebut dibantu oleh pihak guru dan kepala sekolah dari masing-masing sekolah sehingga pemberian bantuan diharapkan bisa lebih merata dan adil.

Setelah pendataan ke beberapa sekolah dasar selesai, tim kkn undip segera mencari berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk pemberian bantuan ke anak-anak SD. Berbagai keperluan tersebut kami cari di Pasar Kliwon, Kudus dengan harapan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sempat terdapat kendala pada saat akan membawa barang-barang belanjaan, namun hal itu dapat diatasi.

 

Reportae Kamis, 28 Juli 2016

Pemberian Bantuan ke Sekolah Dasar

Kamis, 28 Juli 2016 Tim KKN UNDIP kembali melakukan kegiatan sosial di sejumlah sekolah dasar yang ada di Desa Bulungcangkring. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan bantuan kepada siswa yatim piatu ataupun siswa yang kurang mampu di sejumlah sekolah. Bantuan yang diberikan tersebut berupa tas dan alat tulis, mengingat bahwa minggu ini masih termasuk hari-hari awal masuk tahun ajaran baru sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Proses pemberian bantuan tersebut dibantu oleh seluruh anggota Tim KKN Undip 2016 di Desa Bulungcangkring dan sejumlah guru yang ada di sekolah. Siswa kurang mampu jumlahnya sangat banyak, sedangkan jumlah bantuan yang diberikan terbatas, sehingga dalam proses pembagiannya guru dari masing-masing sekolah sangat berperan agar pembagiannya merata.

sd

 

 

 

 

 

 

Reportase Jumat, 29 Juli 2016

Sosialisasi terkait Sanitasi, Keamanan, Pengaturan Pembukuan Keuangan, dan Legalitas Badan Usaha di UMKM Ada Rasa

Sosialisasi terkait sanitasi, keamanan, pengaturan pembukuan keuangan, dan legalitas badan usaha di home industri makanan berupa bakso di UMKM Ada Rasa yang dikelola oleh Bapak Tarwi. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh pengeloladan para karyawan Ada Rasa.

Materi sanitasi yang diberikan berkaitan dengan penjaminan mutu bakso yang dihasilkan karena dalam penyampaiannya menekankan agar para karyawan senantiasa memperhatikan kebersihan baik lingkungan maupun individu.

umkm1 umkm2umkm