Penyuluhan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) sebagai Manajemen Diet dan Food Sample Hipertensi kepada Lansia

Semarang 17 Februari 2017- Kesehatan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan pelayanan kesehatan, seperti Posyandu. Sebagai bentuk pelayanan kesehatan dari TIM Pengabdian Masyarakat UNDIP, dilakukan penyuluhan dan food sample mengenai cara menurunkan hipertensi dengan DASH Diet.

DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) Diet adalah diet yang diadaptasi dari the American Heart Association (AHA) yang dirancang untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol jahat (LDL), risiko penyakit jantung, batu ginjal, kanker dan stroke, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Acara berlangsung di balai desa, pada kesempatan ini dijelaskan bagaimana porsi makan yang baik dalam 1 hari disertai dengan menampilkan contoh menu dalam sehari. DASH Diet ini menarik perhatian para lansia yang didominasi oleh para ibu. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam mengajukan 10 pertanyaan seputar diet yang sebaiknya dilakukan oleh usia lanjut. Program ini diharapkan dapat menurunkan masalah-masalah kesehatan yang dialami oleh para lansia di Desa Sumowono.