Pendampingan Pengajaran Manajemen Pengelolaan Sampah dengan Sistem Bank Sampah kepada Karang Taruna Desa Bumen untuk Meningkatkan Kegiatan Pemuda

Bumen, Semarang 12 Februari 2017 – Mahasiswa TIM Pengabdian Masyarakat UNDIP mengadakan pendampingan pengajaran manajemen pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah kepada karang taruna desa bumen untuk meningkatkan kegiatan pemuda. Kegiatan tesebut diadakan di balai desa Bumen.

Bank sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya. Sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Indonesia. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.Diharapkan program ini tidak dilupakan, sehingga mampu mengurangi dampak sampah yang dibuang sembarangan maupun dibakar dan membuat Desa Bumen ini menjadi lebih baik lagi.