Pendampingan Pembuatan dan Pengelolaan Program Taman Baca Desa untuk Peningkatan Minat Baca dan Literasi Masyarakat Desa

Pati, Tim Pengabdian masyarakat Undip melakukan kegiatan optimalisasi Taman Baca yang terdapat di Desa Bancak. Tujuan dari kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menarik minat baca anak-anak yang ada di Desa Bancak. Keberadaan Taman Baca ini sangat bermanfaat dan bisa juga dijadikan sebagai alternatif tempat belajar bagi anak-anak di Desa Bancak.  Urgensi dari diadakannya kegiatan optimalisasi Taman baca ini adalah melihat kondisi fisik dari taman baca itu sendiri yang kurang mendapat perhatian dari pihak terkait (belum jelas kepengurusannya), Anak-anak di sekitar kurang tertarik untuk datang mengunjungi Taman Baca yang ada di Desa Bancak

Adapun serangkaian kegiatan optimalisasi Taman Baca pada tahap awal adalah sebagai berikut :

  1. Penataan ulang kembali buku-buku di Taman Baca.
  2. Pengelompokkan buku berdasarkan kategori atau jenis buku guna mempermudah pembaca untuk menemukan jenis buku yang akan mereka baca.
  3. Proses pembersihan buku terhadap debu, bertujuan untuk melindungi buku dari ancaman kerusakan (pelapukan).
  4. Pemilahan buku yang tidak bersampul untuk dilakukan proses penyampulan ulang.
  5. Penataan ulang kembali ruang Taman Baca agar lebih nyaman, seperti penambahan poster dan pemasangan hiasan dinding yang ada di dalam taman Baca.

dengan pembuatan dan pengelolaan program taman baca maka Peningkatan minat baca dan literasi menjadi lebih baik sehinga penggetahuan mereka dapat bertambah. Taman baca juga dibuat sedemian rupa sehingga dapat digunakan oleh anak-anak sebagai tempat yang nyaman untuk membaca.