Home » beranda » Jumat Asik Bersama Ibu-Ibu Kader Posyandu Parakan Wetan

Jumat Asik Bersama Ibu-Ibu Kader Posyandu Parakan Wetan

Parakan- (20/07/2018). Pada pukul 08.30 telah berlangsung kelas ibu dan balita di Balai Kampung RW 4 Parakan Wetan. Penyampaian materi diberikan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP jurusan Ilmu Gizi. Pada acara tersebut berisi pemaparan tentang gizi pada balita, untuk meningkatkan pengetahuan akan pentingnya gizi pada balita. Selain itu, juga dipaparkan materi terkait karakteristik balita, perubahan motorik, perubahan psikologis, MPASI (Makanan Pendamping ASI), kebutuhan zat gizi mikro dan makro pada balita, penentuan status gizi, serta permasalahan lain yang sering terjadi pada balita.

Siang harinya bertempat di Mini Mandiri Kantor Kelurahan Parakan Wetan telah berlangsung pelatihan kerajinan tangan yang terbuat dari pinggiran gelas plastik bekas. Keterampilan ini diambil karena memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai untuk menghasilkan suatu produk yang bernilai ekonomis. Ada berbagai kerajinan tangan yang ditampilkan, meliputi piring, keranjang belanja, tempat tisu, tempat aqua, dan vas bunga. Vas bunga merupakan salah satu kerajinan tangan yang dipilih untuk dipraktekkan kepada ibu-ibu karena sangat simple untuk diberikan kepada ibu-ibu kader posyandu.

Untuk memudahkan para ibu-ibu, dibuat 3 kelompok dengan tujuan untuk saling bekerjasama dan membangun kekompakan. Ibu-ibu kader posyandu Parakan Wetan terlihat antusias dan penuh dengan semangat. Awalnya, para ibu-ibu sangat kewalahan karena mereka baru pertama kali membuat kerajinan tangan dari pinggiran gelas plastik bekas. Tetapi, karena semangat ibu-ibu yang sangat antusias, akhirnya mereka berhasil membuat vas bunga.  Setelah pelatihan keterampilan dilanjutkan dengan senam skj dan “lagi syantik” bersama ibu-ibu kader posyandu.

Sore harinya, berlangsung penyuluhan kelas ibu hamil yang berlokasi di PKD (Poli Klinik Desa) RW 9 kelurahan Parakan Wetan. Materi yang disampaikan antara lain mitos-mitos seputar kehamilan, kebutuhan gizi pada ibu hamil, masalah-maslah yang sering dialami pada ibu hamil, trimester-trimester kehamilan dan diagnosis kehamilan, serta cara menentukan usia kehamilan. Peserta terlihat antusias dengan pemaparan materi ini terutama saat penjelasan terkait cacat bawaan pada anak. (Edit by Suryanti)

https://photos.app.goo.gl/iJUnxTYYFyRzqPFa6