SEHAT BERSAMA POSYANDU

TIM II KKN UNDIP Kecamatan Bejen, Desa Laranganluwok mengikuti kegiatan rutin posyandu yang dilakukan di Dusun Luwok, pada tanggal 18 Juli 2018. Tidak hanya di Dusun Luwok kegiatan posyandu di Desa Laranganluwok rutin dilakukan setiap sebbulan sekali di masing-masing dusun. Kegiatan posyandu bertujuan untuk melakukan pelayanan untuk masyarakat dalam bidang kesehatan terutama balita dan lansia.
Kegiatan rutin posyandu tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat terutama warga yang memiliki balita dan warga lansia. Layanan yang diberikan oleh posyandu antara lain, untuk balita yaitu pemeriksaan berat badan, pemeriksaan tinggi badan, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat untuk balita yang sakit, imunisasi, dan pembagian makanan bergizi. Sedangkan layanan yang diberikan untuk warrga lansia yaitu pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan berat badan, pemeriksaan kesehatan, serta pemberian obat jika diperlukan.
posy
poems by Oscar Wilde
Kegiatan posyandu dimulai pada pukul 09.00 WIB, bertempat di rumah kepala dusun Luwok. Kegiatan posyandu berjalan dengan lancar. Warga yang memiliki balita berdatangan dan memeriksakan balitanya. Pertama-tama balita akan ditimbang, kemudian setelah ditimbang balita akan diperiksa oleh bidan yang bertugas pada saat kegiatan posyandu tersebut. Setelah diperiksa, balita akan diberikan obat jika diperlukan, setelah selesai dengan semua pemeriksaan balita akan mendapatkan makanan bergizi. Selain balita, kegiatan posyandu juga memberikan layanan kepada wara yang telah lanjut usia, meskipun pelayanan yang diberikan terbatas. Terbatas di sini artinya pelayanan yang diberikan tidak lengkap seperti yang diberikan oleh dokter atau rumah sakit. Posyandu hanya memberikan pelayanan ringan seperti pemeriksaan tekanan darah, dan pemberian obat untuk penyakit-penyakit yang tidak kronis. Selain balita dan lansia Posyandu juga memberikan layanan kesehatan pada warga yang memiliki keluhan kesehatan ringan seperti pusing, demam, batuk, dll.
Setelah selesai dengan semua kegiatan pemeriksaan, baik untuk balita maupun lansia, hasil pemeriksaan akan dicatat pada jurnal kesehatan yang dapat digunakan sebagai catatan kesehatan. Dengan keterbatasan alat dan layanan, Posyandu tetap rutin dilakukan dan senantiasa melayani masyarakat untuk hidup lebih sehat.