Sehat Alami Tak Perlu Mahal Lewat TOGA

Image and video hosting by TinyPicWonorejo, Kabupaten Pekalongan 27/07/2018. Tanaman obat keluarga atau biasa disingkat TOGA adalah jenis tumbuhan yang merupakan hasil budidaya rumahan namun terbukti untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan serangan radikal bebas lainnya. Meski hasil budidaya rumahan, tunbuhan obat herbal atau dikenal juga dengan apotek hidup ini mempunyai efek yang cukup baik untuk kesehatan tubuh manusia. Seiring dengan meningkatnya penelitian mengenai macam tanaman obat yang tersedia di lingkungan, tanaman obat ini mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang tidak kalah dengan obat yang dijual di toko atau apotek. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dirasa perlu untuk mengenalkan tanaman obat keluarga sejak dini kepada siswa-siswi SD N 01 Wonorejo dengan tujuan agar pemanfaatan dari tanaman obat keluarga menjadi lebih maksimal.

Program menanam TOGA ini disambut dan didukung dengan baik oleh Kepala sekolah SDN 01 beserta jajaran guru lainnya. Adapun kegiatan tersebut berisi penyampaian materi terkait jenis-jenis TOGA beserta manfaatnya oleh semua peserta KKN Tim II Undip Desa Wonorejo. Kegiatan ini juga dipenuhi oleh antusiasme anak-anak kelas 1 sampai kelas 6 SDN 01 Wonorejo yang begitu besar. Kegiatan juga berisi tata cara menanam TOGA yang benar dengan menggunakan media barang bekas. Lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab beserta pembagian hadiah.

Image and video hosting by TinyPicTujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis dan manfaat tanaman obat keluarga kepada siswa-siswi SD N 01 Wonorejo. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk melatih cara menanam dan merawat tanaman obat keluarga kepada siswa-siswi SDN 01 Wonorejo, karena dengan mengenal tanaman obat keluarga (TOGA) tersebut dapat terbentuk masyarakat yang mandiri tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia yang dapat berakibat fatal dengan efek samping yang diberikan.

 

Editor : Solikhin