Home » beranda » Pekan UMKM Jogonegoro, Bersama Membangun Ekonomi Desa

Pekan UMKM Jogonegoro, Bersama Membangun Ekonomi Desa

MERTOYUD20160714_112527AN-UMKM Merupakan faktor penting dalam roda perekonomian suatu negara. UMKM merupakan bentuk sebuah upaya kemandirian ekonomi pada suatu daerah. Hal ini yang menjadi dasar Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro di Desa Jogonegoro untuk melakukan pengembangan dan pemberdayaan UMKM di Desa Jogonegoro.

Minggu pertama pelaksanaan KKN di Desa Jogonegoro, Tim KKN Universitas Diponegoro berfokus pada 4 program ekonomi yaitu Pemetaan dan Pemberdayaan UMKM, Pembukuan dalam berwirausaha, dan melaksanakan sosialisasi pentingnya berwirausaha. Rangkaian program ini dilaksanakan dalam Pekan UMKM sejak tanggal 14 Juli hingga 21 Juli 2016.

Pekan UMKM dimulai dengan pendataan dan pemetaan UMKM di 9 dusun di wilayah Desa Jogonegoro meliputi Dusun Punduhan, Dusun Pringtali, Dusun Sogaten, Dusun Djetakan, Dusun Jogopranan, Dusun Soroyudan, Dusun Saren, Dusun Kemaran dan Dusun Honggosari. Selain mendata, Tim KKN Universitas Diponegoro juga melakukan penyuluhan dalam pembukuan yang dilakukan oleh UMKM tersebut. Pekan UMKM ini ditutup dengan melaksanakan sosialisasi pentingnya berwirausaha di Dusun Jogopranan.

Nantinya, hasil dari ketiga program ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan ekonomi warga Desa Jogonegoro, utamanya tentang UMKM dan wirausaha. Terkhusus program Pemetaan dan Pemberdayaan UMKM, akan diberikan analisa dan rekomendasi kepada pemerintah Desa Jogonegoro nantinya.

(JOGONEGORO/MERTOYUDAN)