Home » Lokasi KKN » Kab. Magelang » Pekan Lingkungan Jogonegoro, Tumbuhkan Jiwa Bersih Dan Peduli Lingkungan

Pekan Lingkungan Jogonegoro, Tumbuhkan Jiwa Bersih Dan Peduli Lingkungan

MERTOYUDAN-Lingkungan hidup dan manusia merupakan dua elemen yang tidak dapat dipisahkan. Lingkungan akan meningkat kualitasnya karena usaha manusia melestarikannya, namun juga bisa sebaliknya. Tim KKN Undip di Desa Jogonegoro menjadikan Program Bakti Lingkungan sebagai Program Multidisiplin yang dilaksanakan Pada 1-6 Agustus 2016.IMG_20160801_163705_HDR

Pengkaderan pengurus Bank Sampah merupakan Program Utama dalam Kegiatan Bakti Lingkungan yang dilakukan mahasiswa. Desa Jogonegoro memang masih berkutat dengan masalah tentang pengelolaan sampah karena tidak memiliki manajemen sampah yang baik. Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro memilih untuk membantu pendirian Bank Sampah sebagai wujud nyata kepedulian lingkungan utamanya soal pengelolaan sampah yang bisa berlanjut.

Bank Sampah yang mahasiswa KKN dan warga bangun berpusat di Dusun Saren dengan nama Bank Sampah Saren Resik. Bank Sampah ini naninya menjadi pemantik untuk munculnya kepedulian dan pengelolaan sampah yang lebih baik di Desa Jogonegoro.

Selain melalui Bank Sampah, Mahasiswa juga mengajak warga Desa Jogonegoro untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sebagai upaya penyadaran bahwa menjaga lingkungan merupakan tanggungjawab bersama sekaligus menyabut prayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 71.

(JOGONEGORO/MERTOYUDAN)