Home » beranda » Stick Bawang khas Desa Banjaran siap Ikuti Expo

Stick Bawang khas Desa Banjaran siap Ikuti Expo

20160730_133030

JEPARA-Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Sumber Rejeki Desa Banjaran siap mengikuti kegiatan ekspo tingkat Kabupaten Jepara yang diadakan oleh KKN Tim II Universitas Diponegoro se-Kabupaten Jepara dengan produk Stick Bawang. UPPKS Sumber Rejeki merupakan salah satu kelompok usaha makanan ringan yang bertempat di RW 09, Desa Banjaran, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Diantara berbagai jenis produk, stick bawang dipilih untuk dikembangkan lebih lanjut. Hal ini karena produk makanan stick bawang UPPKS Sumber Rejeki telah mengantongi izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan legalitas produk halal dari MUI.

Bersama dengan Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Banjaran, UPPKS Sumber Rejeki meluncurkan produk stick bawang dengan aneka rasa. Sebelumnya, produk stick bawang yang diproduksi hanya memiliki satu varian yakni varian original. Kini, ada 3 jenis rasa stick bawang, yakni Balado, Barberque, dan Jagung Bakar. Selain melakukan inovasi rasa, Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Banjaran juga melakukan pelatihan pengemasan, pelabelan, dan pengawasan standar keamanan produksi pangan. Selain itu, diadakan pula pelatihan pembukuan kepada sekretaris UPPKS Sumber Rejeki serta pelatihan promosi menggunakan media sosial.

Stick Bawang yang sudah dikemas rencananya akan diikutkan dalam kegiatan Expo Produk Unggulan Desa-desa se-Kabupaten Jepara di Kecamatan Keling (11/08). Dengan keterlibatan dalam Expo, diharapkan produk UPPKS Sumber Rejeki dari Desa Banjaran akan makin dikenal luas oleh masyarakat. (nua)