Sekolah Tempat yang Indah

Sabtu, 21 Juli 2018

Sosialisasi Klasifikasi Sampah kepada siswa SD 2 Subah

Setelah sarapan , kami berenam menuju SD Negeri 04 Subah untuk melaksanakan Program Monodisplin Surya yang kedua yaitu menegenai Edukasi Klasifikasi Sampah pada Anak Usia Dini, oleh karenanya memilih anak SD khususnya kelas 4 untuk program ini. Program Monodisiplin ini bertujuan agar pada anak usia SD mengerti dan dilatih untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah nya. Sehingga mereka juga dapat ikut serta dalam menjaga lingkugan yang bersih, indah dan tentunya sehat.
Senin, 23 Juli 2018

Penyuluhan Pentingnya Pendidikan Tinggi kepada siswa MA Subhanah

Tim II KKN Undip Desa Subah juga mengadakan penyuluhan di MA Subhanah Desa Subah. Penyuluhan hari itu mengenai motivasi dan pentingnya pendidikan tinggi. Penyuluhan dilakukan di kelas XII IPA dengan 23 siswa di kelas tersebut. Penyuluhan diawali dengan mengisi kuesioner, kuesioner bertujuan untuk mengetahui minat dan kendala siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Setelah mengisi kuesioner, sesi berikutnya adalah penayangan video mengenai semangat mahasiswa bidikmisi untuk melanjutkan kuliah dan meraih prestasi.
Ternyata banyak siswa yang tidak ingin melanjutkan untuk kuliah dikarenakan beberapa kendala seperti orangtua tidak setuju, kondisi ekonomi, dan kurangnya informasi mengenai perguruan tinggi. Inti dari penyuluhan adalah memberikan keyakinan dan motivasi kepada siswa agar mau melanjutkan ke perguruan tinggi. Harapan dari guru dan pihak sekolah pun ingin anak didiknya mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dan dapat mengharumkan nama sekolah, karena memang alumni MA Subhanah masih sangat sedikit yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
Siswa sekolah perlu berkembang dan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas, dua program di atas adalah bentuk kontribusi Tim II KKN Undip dalam bidang pendidikan bagi Desa Subah. Program Tim II KKN Undip mencakup dan mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam kegiatan ini adalah dalam segi pendidikan.
#kknsubah