Home » beranda » KEBERSAMAAN PARA IBU DI PELATIHAN KADER POSYANDU DESA MENDONGAN

KEBERSAMAAN PARA IBU DI PELATIHAN KADER POSYANDU DESA MENDONGAN

Mendongan, Sumowono (30/07/2018) – Di pagi yang cerah, kali ini Tim II KKN Undip Desa Mendongan melakukan kegiatan yaitu Pelatihan Kader Posyandu Desa Mendongan. Acara ini dipimpin oleh Diah Pitaloka Kusumaningrum dari Fakultas Kedokteran dan diikuti oleh seluruh anggota Tim II KKN Desa Sumowono. Kegitatan pelatihan dimulai pada pukul 09.30 WIB di Balai desa Desa Mendongan, serta dihadiri oleh kader posyandu Desa Mendongan masng-masing dusun dan bidan desa, Ibu Suyarni, A.md, Keb.

Susunan acara Kegiatan Pelatihan Kader Posyandu adalah pembukaan, doa, sambutan dari perwakilan Tim II KKN Undip Desa Mendongan, sambutan dari perwakilan desa, materi inti, dan penutup. Pemateri pelatihan kali ini yaitu Ibu Amy Prahesti, S.Km, M. Gizi. dari Puskesmas Sumowono. Materi pertama tentang refresing kader mengenai sistem pelayanan posyandu, cara menimbang yang benar, mengukur tinggi badan, dsb. Selain itu, Ibu Amy juga menjelaskan bagaimana cara mengisi buku KMS (Kartu Menuju Sehat). Di akhir sesi materi, ada penyampain hasil screening stunting berdasarkan hasil dari 3 posyandu yang berada di Desa Mendongan.

Para ibu kader posyandu banyak berdiskusi tentang bagaimana memajukan posyandu yang lebih baik. Pihak puskesmas berencana untuk mengadakan pelatihan kader posyandu di bulan selanjutnya, khususnya materi tentang membuat bekal sehat. Diharapkan,  pelatihan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Mendongan melalui posyandu di tiap dusun.

 

edit by kusyogo cahyo