Mengembangankan Potensi UMKM dengan Acara Expo Ngadirejo

Kamis, 11 Agustus merupakan hari dimana diadakannya acara Expo Ngadirejo sekaligus bersamaan dengan acara Kecamatan menyambut HUT RI tanggal 17 Agustus mendatang. Acara yang berlangsung di halaman Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung tersebut merupakan kegiatan mahasiswa untuk mengembangkan potensi desa. Dengan mengambil tema ‘Harmonisasi Lingkungan Guna Menuju Ngadirejo yang Lebi Baik’ mahasiswa KKN Tim II Undip bekerjasama untuk menampilkan hasil UMKM berupa produk, kerajinan tangan, dan potensi dari masing-masing desa yang bisa dipasarkan. Dengan menampilkan hasil produk UMKM desa dan menampilkannya, diharapkan mahasiswa dapat memperkenalkan kepada seluruh masyarakat di Kecmatan Ngadirejo hasil produk UMKM yang mungkin belum dikenal dan diketahui. Dengan begitu potensi dari masing-masing desa dpat dikembangkan dan di pasarkan sebaik mungkin. Acara yang berlangsung hari itu di sponsori pula oleh Honda Parakan yang menyumnbangkan sejumlah uang dan doorprize untuk kegiatan Expo.

FullSizeRender (1) IMG_0029 IMG_9962

 

Acara dimulai dengan kegiatan jalan sehat yang dimulai pada pukul setengan 8 pagi yang mana peserta yang mengikuti yaitu seluruh warga Kecamatan Ngadirejo terutama anak-anak sekolah yang khusus diliburkan untuk mengikuti kegiatan acara Expo di Kecamatan. Setalah acara jalan sehat dilanjut acara pembagian dooprize oleh pihak Kecamatan dan dilanjut dengan acara hiburan. Terdapat pula kedatangan dari dosen koordinator kecamatan yaitu Bapak Kurniawan Teguh Martono, S.T., M.T yang turut hadir memberikan partisipasinya, serta kunjungan dari DPL Kecamatan Ngadirejo Bapak Besar Tirto Husodo, S.Sos., yang turut andil dalam berjalannya kegiatan Expo di Kantor Kecamatan.

Dengan mengambil judul Gerakan Mahasiswa Mengembangkan Potensi Desa, mahasiswa Tim II KKN Undip menggerakkan kegiatan dengan membuka stand permasing masing desa yang berjumlah dan langsung turun tangan dalam mengembangkan potensi desa dengan menampilkan produk unggulan per masing-masing desa. Tredapat pula penampilan tari tradisional dari mahasiswa dan mahasiswi KKN. Acara berakhir pukul setengah satu siang dlanjut dengan kegiatan evaluasi panitia. Diharapkan acara expo yang berlangsung kemarin dapat mengembangkan potensi UMKM desa yang ada di Kecamatan Ngadirejo dan menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk Kecamatan.