Minggu ke 4 di Kelurahan Sugihwaras, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang

(Senin, 1 Agustus 2016)

Pada hari ini kami tidak ada kegiatan ataupun program kerja, hanya mengisi waktu dengan mencicil laporan-laporan dan menonton film di ruang tengah. Sekitar pukul 19.00 kami berangkat ke Kantor Kelurahan untuk janjian bertemu dengan Karang Taruna membahas kelanjutan dari perintisan kembali Bank Sampah di rumah Kepala Lurah yaitu Bapak Febri. Di rumah beliau, kami berdiskusi mengenai Bank Sampah dan pemberian nama Kelompok Swadaya Masyarakat. Pembangunan Bank Sampah ini sebenarnya sudah ada sejak Tim I KKN Undip berada di Sugihwaras, namun sempat terhenti karena beberapa hal. Sehingga disini kami berusaha merealisasikan program tersebut. Malam itu juga, kami mendapatkan nama untuk KSM yaitu “Cipta Lestari” dengan harapan Kelompok Swadaya Masyarakat dapat menciptakan Kelurahan Sugihwaras yang lestari.

 

(Selasa, 2 Agustus 2016)

Selasa pagi ini, teman kami yaitu Lincolin dan Nabila mengajukan proposal kegiatan dan surat permohonan permintaan bak sampah terpilah kepada Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang. Bak sampah ini akan diberikan kepada warga RW 01 karena berdasarkan survey lapangan, masih banyak rumah warga yang tidak memiliki tong sampah di depan rumah mereka. Selain itu, jarak lokasi TPS lumayan jauh dari RW 01 sehingga masih banyak warga membuang sampah sembarangan dipinggir pantai. Dengan adanya bak sampah terpilah ini diharapkan masyarakat akan lebih peduli dengan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

 

(Rabu, 3 Agustus 2015)

Karena minggu lalu kami telah melaksanakan seluruh program mono, maka di minggu ini kami hanya melengkapi laporan, pendataan, dan melaksanakan program bantuan. Biasanya dari sore hingga malam hari, beberapa adik-adik dari MTs Mathla’ul Anwar yang menjadi sasaran kami ketika penyuluhan kemarin datang ke posko kami untuk mengerjakan tugas-tugas dan belajar materi pelajaran di sekolah. Disini kami membantu adik-adik SMP dengan tugas-tugas dan kesulitan yang mereka hadapi terkait materi pelajaran yang diajarkan oleh guru. Kami sangat senang dapat membantu dan memberikan motivasi kepada mereka.

 

(Minggu, 7 Agustus 2016)

Hari ini merupakan opening dari EXPO Kecamatan Pemalang yang berlokasi di Desa Wisata Purbaya, Surajaya. EXPO Kecamatan ini bisa dibilang yang terbesar di Kabupaten Pemalang, karena rangkaian acaranya dilaksanakan dari tanggal 7 – 13 Agustus 2016. Pembukaan EXPO sekaligus menjadi pengesahan dibukanya Desa Wisata Purbaya, warga sangat antusias dengan acara ini dapat dilihat dari jumlah mereka yang datang sangat banyak dan kami sebagai panitia acara kecamatan juga sangat bangga dengan antusiasme mereka di hari pertama ini. Pembukaan EXPO ditandai dengan kegiatan Fun Bike bersama para Ketua Lurah/Desa dari masing-masing kelurahan/desa. Kami bersepeda dari pos pertama di Kantor Kecamatan Pemalang sampai ke pos terakhir yaitu di Desa Surajaya.

Sore harinya, sekitar pukul 15.00 kami Tim II KKN Undip Kecamatan Pemalang berkumpul di Lapangan Desa Wisata Purbaya untuk mengikuti post test yang diuji oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Kami diberikan 5 soal dan dikerjakan dalam waktu 15 menit, walaupun dengan waktu yang terbatas kami yakin dapat menjawab dengan baik dan benar.