Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di desa Kedungringin kecamatan Suruh, kab. Semarang

SURUH (19/01) – Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa yang diadakan oleh Puskesmas Dadapayam yang bertempat di Balai Desa Kedungringin dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2019 pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Pak Purwanto selaku pekerja Dinas Kesehatan di Puskesmas Dadapayam, kegiatan ini juga dihadiri oleh Perangkat Desa dan masing-masing Kepala Dusun di Desa Kedungringin.

Dalam kegiatan ini membahas tentang evaluasi program kesehatan yang telah berjalan selama tahun 2018, hasil survey mawas diri dan rencana program kegiatan tahun 2019-2020. Musyawarah Masyarakat Desa ini merupakan hasil dari indikator Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PISPK).

Menurut Pak Purwanto, kunjungan K4 masih kurang dari target yang ditentukan yaitu sebanyak 65%, hal ini dikarenakan  kurang nya pengetahuan dan kesibukan ibu. Angka persalinan yang menggunakan fasilitas kesehatan sebesar 70%, bayi yag dilayani sesuai standar sebesar 73,5%, balita yang mengunjungi posyandu sebanyak 98%, untuk Screening lansia yang berusia >60th seperti penyakit Hipertensi dan Diabetes yang dilayani sesuai standar yaitu 19% untuk Hipertensi dan 32% untuk Diabetes. Angka Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tergolong tinggi yaitu sebesar 225%. Tuberculosis (TBC) yang ditangani hanya sebesar 32% hal ini disebabkan oleh masyarakat masih berpendapat bahwa penyakit ini adalah penyakit keturunan dan penyebabnya adalah stres, beberapa masyarakat juga malu untuk memperiksakan penyakitnya ke Puskesmas.  Pelayanan HIV yang dilayani sesuai standar sebanyak 65%. 5 Besar penyakit yang sering di derita oleh warga yaitu Batuk, Pilek, Diare, Gatal-gatal, TBC, dan DBD.

Salah satu Kepala dusun juga mengeluhkan tentang kurang berfungsi nya Puskesmas pembantu di wilayah Desa Kedungringin dikarenakan jam buka yang hanya sebentar dan obat yang terbatas. Terdapat pula masalah seperti Posyandu lansia yang macet, dan penerimaan BPJS yang terhambat.

Dengan diadakan nya Musyawarah Masyarakat Desa harapan nya desa Kedungringin dapat terus meningkatkan mutu kualitas hidup dalam bidang kesehatan warga desa.

1547906523684

1547906551373

 

Edited by Kusyogo Cahyo