Lansia Sehat dan Sedekah Sampah

20190209_084303

Senam Lansia dan Sodakoh Sampah

Pendowo – Olah raga merupakan hal yang baik untuk kesehatan baik untuk mereka yang masih muda maupun mereka yang sudah tua, akan tetapi hal ini jarang dilakukan oleh sebagian besar orang. Olah raga dapat dilakukan dalam berbagai jenis seperi jogging, angkat berat, maupun hal sederhana seperti senam irama.

Di desa pendowo, senam untuk lansia digelar rutin setiap sabtu pagi. Senam bagi lansia ditujukan agar lansia di desa pendowo tetap dapat hidup sehat meski diusia senja dan juga menjaga suasana hati mereka. Senam secara rutin dapat membantu para lansia menjaga kinerja jantung untuk memompa oksigen yang berakibat terjaganya kebugaran fisik mereka, serta meminimalkan resiko terjangkit berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Sabtu 12 Januari 2019, tim KKN UNDIP berkesemapatan untuk berpartisipasi dalam acara senam lansia rutin di Desa Pendowo. Akan tetapi, dikarenakan instruktur senam yang berhalangan hadir, acara pada pagi itu diubah menjadi jalan santai keliling desa. Pada pagi itu partisipan berjalan menyusuri jalanan desa kurang lebih sejauh 3KM. Walaupun jarak tempuh yang cukup jauh, dari puluhan lansia yang berpartisipasi pada pagi itu, tidak ada satupun yang berhenti atau mundur di tengah jalan. Hal tersebut menunjukan bahwa kebugaran fisik lansia Desa Pendowo masih cukup terjaga.

Selain senam rutin, setiap sabtu pagi desa pendowo juga mengadakan kegiatan lain yakni sodakoh sampah. Sesuai dengan namanya, masyarakat mengumpulkan sampah yang telah disimpan masing-masing selama seminggu, utamanya sampah non organik yang masih dapat di daur ulang ke tempat yang sudah ditentukan, dalam hal ini adalah halaman balai desa yang juga menjadi tempat senam rutin. Sampah ini kemudian akan dijual ke pengepul yang bekerja sama dengan pengelola kegiatan tersebut, dah hasilnya dibagi dua, setengah disumbangkan ke mereka yang membutuhkan, dan yang setengahnya lagi disimpan PKK selaku pengelola kegiatan tersebut, yang nantinya akan digunakan untuk membantu anggota PKK saat ada yang mengalami bencana.Jalan Sehat