BUMDes Ngetuk ‘Sulap’ Lahan Hijau Jadi Peternakan Sapi

DSCN0148

Gunungwungkal – Pada Jumat (25/1/2019), mahasiswa KKN Undip mengunjungi BUMDes Ngetuk yang terletak di RW 3, Desa Ngetuk, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati. BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Ngetuk mulai mengelola usaha penggemukan sapi sejak tahun 2018. Usaha ini terbilang baru karena dana yang dibutuhkan cukup besar sehingga menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2015 sampai 2018. BUMDes ini merupakan satu-satunya usaha desa di Kecamatan Gunungwungkal yang tidak melakukan simpan pinjam.

“Untuk potensi Desa Ngetuk ini dilihat dari luas areanya, lahan pertaniannya itu memang sangat luas dibanding dengan desa lain. Lalu untuk hijauan pakan sangat tersedia dan melimpah. Dari jerami, rumput, dan yang lainnya itu banyak sekali. Makanya saya kepikirannya untuk penggemukan sapi, bukan untuk dikembangbiakan, tetapi untuk penggemukan saja. Maka dari itu sapi yang ada pejantan semua. Sapinya pun sapi potong, bukan sapi perah,” ujar Ketua BUMDes Ngetuk, Bapak Agus Susilo.

Alasan memilih usaha penggemukan sapi karena Desa Ngetuk memiliki lahan pertanian yang sangat luas, bisa dikatakan paling luas dibanding desa-desa lain yang ada di Kecamatan Gunungwungkal. Tanah yang dihibahkan untuk usaha penggemukan sapi ini seluas kurang lebih 1.600 meter persegi.

Beliau juga mengatakan, usaha yang dilakukan yakni dengan membeli sapi yang masih kecil. Setelah itu, BUMDes dapat menyerahkan sapi kepada masyarakat/penggaduh untuk digemukkan dengan target dijual di hari raya Idul Adha. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan desa dan juga penggaduhnya. Keuntungan akan dibagi hasil yaitu sebanyak 60% untuk penggaduh dan 40% untuk pemberi modal (desa).

Harapannya untuk BUMDes Ngetuk selanjutnya yaitu berkembangnya usaha penggemukan sapi. Sampai sekarang sudah ada 12 sapi dengan berbagai jenis. Ada Sapi Simental, Sapi Brahman, dan Sapi Peranakan Ongole (PO). Namun, jumlah sapi yang dipelihara masih memungkinkan untuk terus bertambah.

Editor: Ratih Indraswari, SKM, M.Kes