Wungon, Agenda Bersama dalam Menyambut HUT Kabupaten Pemalang ke-444

IMG20190123205155

Jraganan, Pemalang – Bertepatan dengan HUT Kabupaten Pemalang ke-444, Desa Jraganan Kecamatan Bodeh, mengadakan kegiatan wungon (24/01/2019). Bertempat di Balai Desa Jraganan, wungon diselenggarakan oleh pemerintah desa yang dihadiri oleh bapak Rumban selaku Kepala Desa Jraganan, pemerintah desa, tokoh agama, karangtaruna jaya,  serta masyarakat Desa Jraganan. Kegiatan tersebut terdiri dari serangkaian acara, dimulai pukul 20.00 WIB langsung dipandu oleh Bapak Kartomo Abdilah selaku tokoh agama Desa Jraganan dengan membacakan basmallah, ayat suci alquran, sholawat, dzikir – Red: Doa Istighosah yang dibaca bersama untuk memohon keselamatan, kemakmuran dan kesejahteraan Kabupaten Pemalang, khususnya Desa Jraganan.

Sesi berikutnya, dipandu oleh bapak Rohadi, selaku Sekretaris Desa Jraganan. Sesi ini, dibuka dengan sambutan oleh pak Kades. Dalam sambutan beliau, juga menyisipkan kisah-lebih tepatnya sejarah dari kabupaten Pemalang. KKN UNDIP Tim 1 Tahun 2019 juga ambil bagian di acara wungon ini. Koordinator Desa Jraganan, Evangel Dimartiaji membuka dengan penyampaian program multidisiplin dilanjutkan program monodisiplin masing-masing mahasiswa secara bergantian. Ini menjadi sarana bagi tim KKN untuk lebih mengakrabkan dengan masyarakat serta sebagai sarana sosialisasi program sebelum pelaksaannya agar dapat diketahui oleh masyarakat desa.

IMG20190123221249

Sesi terakhir, yaitu makan bersama dan nonton film bersama. Tumpeng yang sudah disediakan kemudian dibagikan kepada masyarakat yang hadir. Beralaskan kertas nasi, masing-masing mengambil makanan sesuai selera dan menikmati makanan bersama. Di waktu yang bersamaan, masyarakat menonton film Babad Tanah Pemalang yang ditampilkan dengan LCD-Proyektor sehingga menjadikan HUT Kabupaten Pemalang ke-444 lebih berkesan.

Penulis: KKN UNDIP TIM 1 Desa Jraganan